100 Tahun BMW, Rombak Tim Riset Demi Mobil Tanpa Sopir

100 Tahun BMW, Rombak Tim Riset Demi Mobil Tanpa Sopir

1230
2
BERBAGI
karakter pemilik dan pengemudi akan sangat mempengaruhi kualitas mobil, termasuk umur aki (Foto : Autoevolution)

BMW yang baru saja merayakan pesta ulang tahun keseratusnya ternyata tidak hanya memperkenalkan BMW Vision Next 100 Concept mereka. Perusahaan induk MINI dan Rolls Royce ini juga dikabarkan makin mantap untuk terus mengembangkan mobil autonomous driving alias mobil yang bisa nyetir sendiri. Tidak tanggung-tanggung, sebelum perayaan tersebut BMW bahkan melakukan perubahan yang revolusioner pada tim Research and Development (R&D) mereka.

Untuk mempersiapan proyek mobil tanpa supir tersebut, setengah dari tim R&D BMW kini berisikan para programmer. Bagi BMW, programmer adalah kompetensi inti mereka dalam proses pembuatan mobil tanpa supir ini. Selain itu, untuk mendukung proyek tersebut, BMW juga mulai menjalin kerjasama dengan perusahaan lain yang bergerak di luar bidang otomotif seperti Baidu.

Uji Coba Mobil Otonom BMW

Dalam hal teknologi mobil tanpa supir, BMW tak ingin kalah dari para kompetitor yang sudah lebih dulu bergelut di bidang ini, semisal Google. Beberapa sistem kemudi otomatis yang menjadi dasar dari mobil otomatis BMW, diantaranya BMW TrackTrainer dan Emergency Stop Assistant, telah berhasil dikembangkan. BMW bahkan telah sukses melakukan uji teknologi kemudi otomatis pada mobil BMW 5-Series mereka yang telah diprogram tanpa supir untuk melintasi jalanan antara kota Munich dan Nuremberg.

Test Drive BMW 5 Series
Test Drive BMW 5-Series (Foto: Phys)

Dalam uji coba tersebut, produsen otomotif asal Jerman ini memadukan sistem yang sudah ada seperti kamera belakang, satnav, lane departure warning, cruise control untuk memonitor lalu lintas, serta sensor yang mendeteksi posisi awal serta bagaimana menuju ke tujuan. Ketika sistem-sistem tersebut tidak bisa membuat perhitungan untuk gerakan selanjutnya atau kehilangan arah, barulah peran seorang pengemudi digunakan.

Dilema Mobil Tanpa Sopir

Saat ini beberapa perusahaan mobil terkemuka mulai mengembangkan fitur canggih yang bisa membuat mobil berjalan sendiri tanpa pengemudi. BMW 7-Series sudah mempunyai fitur yang bisa memarkirkan diri sendiri tanpa bantuan pengemudi hanya dengan menekan tombol. Di event Consumer Electronics Show 2015 (CES), BMW bahkan menghadirkan mobil elektrik yang bisa dikendarai tanpa supir.

Mobil Electric BMW Tanpa Supir
Mobil Electric BMW Tanpa Supir (Foto: 2016 Ford BMW Audi)

Sementara teknologi autonomous driving BMW yang telah lulus uji diperkirakan akan siap dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun mendatang. Hanya saja hal tersebut tampaknya bakal diwarnai dengan perdebatan panjang mengenai regulasi dan legalitasnya.

Simulasi Mobil Tanpa Supir
Simulasi Mobil Tanpa Supir (Foto: Auto Evolution)

Dilema moral juga ditengarai akan menjadi sebuah masalah bagi tehnologi autonomous driving BMW yang diperkirakan akan membuat proses produksi massal mobil ini tertunda setidaknya selama lima tahun. Aturan mengenai teknologi kendaraan yang bisa menyalip tanpa dikemudikan pengemudi saat ini baru disahkan di Jerman, itupun kecepatannya dibatasi antara 90 km/jam dan 177 km/jam.

Menurut anda, apakah teknologi autonomous driving ini sudah saatnya diterapkan demi berlalu lintas yang aman dan nyaman?

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY