JAKARTA, 19 April 2024Tabrakan beruntun merupakan salah satu kecelakaan lalu-lintas yang sering terjadi di jalan tol. Insiden ini biasanya terjadi karena pengemudi tidak menjaga jarak aman dengan mobil di depannya. Video viral yang diunggah oleh akun Instagram Dashcam Owners Indonesia memperlihatkan tabrakan beruntun di Tol Cikopo-Palimanan (Tol Cipali) Km 139.

Dalam video tersebut, setidaknya ada empat kendaraan yang terlibat, termasuk sebuah bus. Diduga, bus telat mengerem sehingga mendorong mobil-mobil di depannya yang sedang mengerem. Mobil paling depan dalam kejadian tersebut adalah Toyota Calya/Daihatsu Sigra, diikuti oleh Isuzu Panther, Toyota Avanza, dan bus. Calya/Sigra mengerem keras, dan dua mobil di belakangnya juga mengerem keras. Namun, bus yang berada di jalur kanan tidak bisa berhenti tepat waktu.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, sering terjadi pengemudi sudah menjaga jarak aman dengan mobil di depannya, tetapi mobil di belakang masih terlalu mepet. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengemudi untuk menyadari bahwa mereka harus konsisten dengan kecepatan di tiap lajur jalan tol. Pengemudi juga sebaiknya menghindari berlama-lama di lajur kanan karena banyak pengemudi yang ingin mendahului dari sisi kanan dan tertahan, sehingga sering melakukan intimidasi dengan memberi klakson, lampu sein, hingga mepet.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas agar mengurangi risiko kecelakaan di jalan tol. Semoga insiden ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati dan memperhatikan jarak aman saat berkendara di jalan raya.

Sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini