Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan hadiah mobil mewah buatan Rusia kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Media resmi Pyongyang melaporkan bahwa mobil limusin Aurus itu diserahkan kepada para pejabat tinggi Kim oleh pihak Rusia pada hari Minggu .

Hadiah ini bisa melanggar sanksi PBB terhadap Korea Utara atas program nuklir dan senjata lainnya milik Kim, yang disetujui oleh Rusia, yang melarang impor kendaraan atau barang mewah ke negara itu.

Kim menyampaikan terima kasihnya kepada Putin melalui adiknya, Yo Jong, yang mengatakan bahwa hadiah itu menunjukkan hubungan pribadi khusus antara kedua pemimpin.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengkonfirmasi hadiah itu, dan mengatakan bahwa Kim mendapatkan mobil Aurus, sedan mewah ukuran penuh yang juga digunakan oleh Putin sendiri.

Menurut Peskov, Kim menyukai mobil itu ketika Putin menunjukkannya secara pribadi saat Kim mengunjungi kosmodrom Vostochny di Rusia Timur Jauh pada bulan September tahun lalu.

Kim sendiri mengendarai mobil limusin Maybach yang dibawa dengan kereta khusus yang ia gunakan untuk bepergian dari Pyongyang.

Sejak pertemuan Kim dan Putin tahun lalu, Pyongyang semakin mendekatkan diri dengan Moskow, dengan sekelompok wisatawan Rusia tiba awal bulan ini untuk perjalanan empat hari, kelompok tur asing pertama sejak sebelum penutupan perbatasan terkait pandemi pada tahun 2020.

Sejak pertemuan Kim-Putin di Vostochny, AS dan Korea Selatan menuduh Korea Utara mengirimkan senjata ke Rusia untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina, sebagai imbalan atas bantuan Rusia untuk program satelit Kim.

Pemimpin Rusia itu kini akan melakukan kunjungan balasan ke Pyongyang, kedua belah pihak telah mengindikasikan.

Kim dikenal memiliki kecintaan pada mobil-mobil mewah. Ia sering terlihat menggunakan mobil mewah asing, termasuk Lexus SUV dan Mercedes-Benz seri S. Sebuah laporan PBB tahun 2021 menyoroti upaya pengiriman lebih dari $1 juta senilai kendaraan mewah, termasuk model-model tersebut, yang diduga dari Uni Emirat Arab ke Ningbo, China, untuk dikirimkan ke Korea Utara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini