Capres nomor urut 01 Ganjar Pranowo mengunjungi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/2/2024). Di sana, ia melihat berbagai macam mobil, termasuk Suzuki Jimny, mobil SUV kompak yang menjadi idola banyak orang.

Ganjar pun sempat duduk di dalam Suzuki Jimny 3 pintu, yang didatangkan secara utuh dari Jepang. Ia pun terkesan dengan mobil yang memiliki desain klasik dan tangguh itu. Ia juga mengetahui bahwa Suzuki Jimny sangat laris di pasar, bahkan harganya bisa lebih mahal dari harga baru.

"Tadi udah coba naik, tapi macet tadi. Aku naik (mobilnya) diem aja," kata Ganjar, seperti dikutip dari detikoto. "Nggak (mau). Takut tertarik (beli)," canda Ganjar saat diminta untuk mencoba lagi duduk di dalam Suzuki Jimny. "(Suzuki Jimny) ini laku keras ya? (Harga) sekennya lebih mahal ya?," tanya Ganjar yang didampingi oleh Strategic Planning Dept. Head Suzuki Indomobil Sales (SIS) Joshi Prasetya.

Menurut Joshi, Suzuki Jimny memang memiliki permintaan yang tinggi, tetapi kuota untuk Indonesia terbatas. Hal ini menyebabkan inden mobil ini bisa bertahun-tahun. Akibatnya, harga Suzuki Jimny 3 pintu pun sempat ‘digoreng’ oleh para pelapak, dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga barunya, yakni mencapai Rp 500 juta. Padahal, harga baru Suzuki Jimny 3 pintu berkisar Rp 443,9 juta hingga Rp 460,5 juta.

Ganjar pun mengaku kagum dengan fenomena Suzuki Jimny ini. Ia berharap, mobil ini bisa menjadi inspirasi bagi industri otomotif Indonesia untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan diminati oleh masyarakat.

"Keren ya, ini mobil. Aku suka desainnya, simpel tapi gagah. Ini bisa jadi contoh bagaimana kita harus terus mengembangkan produk-produk kita yang bisa bersaing di pasar global," ujar Ganjar.

Selain Suzuki Jimny 3 pintu, Ganjar juga melihat Suzuki Jimny 5 pintu, yang diproduksi di India dan dijual dengan harga mulai Rp 520 juta. Mobil ini juga menarik perhatian banyak pengunjung IIMS 2024, karena memiliki ruang kabin yang lebih luas dan ramah keluarga.

Ganjar mengapresiasi langkah Suzuki yang terus berinovasi dengan menghadirkan varian baru dari Suzuki Jimny. Ia berharap, Suzuki Jimny 5 pintu juga bisa laku keras di pasar, seperti Suzuki Jimny 3 pintu.

"Suzuki Jimny 5 pintu ini juga bagus, lebih cocok buat keluarga. Aku lihat banyak yang antusias melihat mobil ini. Semoga Suzuki Jimny 5 pintu juga bisa sukses di pasar, seperti Suzuki Jimny 3 pintu," kata Ganjar.

Sumber: detikoto, detikoto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini