Mobil benteng adalah sebutan untuk beberapa jenis kendaraan mewah yang memiliki desain retro dan perlindungan ekstra. Kendaraan ini biasanya digunakan oleh pejabat negara, tokoh penting, atau orang kaya yang menginginkan keamanan dan kenyamanan tinggi saat berkendara. Ada dua contoh mobil benteng yang menarik perhatian publik akhir-akhir ini, yaitu Aurus Senat dan Si Benteng.

Aurus Senat, Kado Putin untuk Kim Jong Un

Aurus Senat adalah mobil benteng yang merupakan proyek prestise bagi Kremlin, Rusia. Mobil ini telah memasok limosin lapis baja kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, sejak 2018. Baru-baru ini, Putin memberikan hadiah Aurus Senat berlapis baja kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, sebagai bukti hubungan khusus antara kedua negara.

Aurus Senat memiliki tampang yang sangat identik dengan Rolls-Royce, produsen mobil mewah asal Inggris. Mobil ini juga dijuluki sebagai ‘benteng berjalan’ karena bobotnya yang mencapai tujuh ton dan panjangnya yang hampir tujuh meter. Beberapa fitur ‘benteng berjalan’ yang melindungi Putin dan Kim Jong Un di antaranya adalah kemampuan menahan ledakan, tembakan, dan serangan gas kimia. Selain itu, Aurus Senat juga dilengkapi dengan komunikasi canggih, yang menjadikannya pusat komando di dalam mobil.

Di balik bonetnya, Aurus Senat mengusung mesin 4.4 liter V8 twin-turbo hybrid yang dikembangkan bekerja sama dengan Porsche. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 590 HP dan torsi maksimal 880 Nm yang disalurkan ke seluruh rodanya. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi otomatis sembilan percepatan. Berkat mesin ini, akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 6 detik dan kecepatan maksimal mencapai 250 km/jam.

Si Benteng, Angkot Mewah Tangerang yang Lagi Gratis

Si Benteng adalah mobil benteng yang merupakan angkutan kota (angkot) dengan desain retro, bergaya 1990-an, yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Tangerang. Meskipun memiliki tampang lawas, namun moda transportasi ini memiliki layanan mewah, seperti AC dan pintu otomatis. Tidak hanya itu, angkot ini juga memiliki ongkos yang super murah, sebesar Rp2.000. Namun, saat ini, Wali Kota Tangerang telah menggratiskan bagi masyarakat yang ingin menggunakan kendaraan tersebut untuk berpergian.

Berdasarkan informasi dari pihak Suzuki Indonesia, angkot Si Benteng ini menggunakan basis New Carry yang dimodifikasi. Melihat spesifikasinya, mobil ini dibekali mesin K15B-C dengan kapasitas 1.500cc yang mampu memuntahkan daya sebesar 95 Tk dan torsi maksimal 135 Nm. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar, menjelaskan bahwa kendaraan ini telah dinyatakan layak jalan melalui serangkaian pengecekan mesin hingga interior. Si Benteng diharapkan menjadi alternatif angkot yang bisa membuat penggunanya nyaman, melalui fasilitas interior bagus serta adanya AC yang makin memanjakan penggunanya.

Demikian artikel berita ter-update tentang spesifikasi mobil benteng yang saya buat. Semoga bermanfaat dan menarik. Terima kasih. 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini