Mobil hybrid merupakan salah satu jenis kendaraan elektrifikasi yang menggabungkan mesin konvensional dan baterai. Mobil hybrid mampu beroperasi sepenuhnya mengandalkan mesin konvensional, namun jika bahan bakar habis, mobil ini bisa memanfaatkan baterai. Saat mode ini, mobil hybrid mirip seperti mobil listrik murni.

Salah satu pertimbangan bagi sebagian masyarakat yang ingin membeli mobil hybrid adalah usia dan harga baterai. Baterai mobil hybrid bisa dibilang memiliki harga yang tidak murah, pasalnya baterai ini mampu menampung arus listrik cukup besar. Namun, harga baterai mobil hybrid juga tidak semahal mobil listrik murni. Jika harga baterai mobil listrik murni bisa tembus ratusan juta rupiah atau separuh dari harga banderol mobil itu sendiri, maka berbeda dengan kendaraan hybrid.

Sebagai contoh, harga baterai Innova Zenix hybrid berada di kisaran Rp 40 jutaan. Selain itu, baterai mobil hybrid juga memiliki usia yang cukup lama, rata-rata 10 tahun. Faktanya, baterai mobil hybrid baru dapat bertahan hingga 200.000 mil atau lebih! Bahkan baterai di mobil bekas mungkin hanya bertahan 100.000 mil!

Namun, usia baterai mobil hybrid juga tergantung dengan beberapa faktor, seperti pemakaian, perawatan, dan penggantian aki kecilnya. Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan bahwa jika hal-hal tersebut dilakukan dengan baik, maka umur baterai bisa panjang.

Dia mengatakan bila mobil hybrid jarang dipakai maka baterai akan cenderung kurang arus listrik, itu bisa memperpendek usia baterai. “Maka dari itu, mobil hybrid jangan sampai dianggurkan atau lama tidak dipakai demi menjaga ketahanan baterai,” ucap Didi.

Selain itu, baterai tersebut juga perlu dirawat terutama pada bagian pendinginnya. “Baterai mobil hybrid memiliki pendingin khusus dengan memanfaatkan udara, nah itu ada saringan udara yang perlu dibersihkan setiap servis, sehingga tidak ada kotoran yang menghambat udara pendingin,” ucap Didi.

Konsumen juga tidak perlu khawatir berlebihan mengenai baterai mobil hybrid ataupun mobil listrik Toyota. Seperti diketahui, Toyota juga punya line up mobil hybrid paling lengkap. Mereka juga memberikan masa warranty baterai untuk penggunanya, yakni selama 8 tahun. Dengan 3 tahun pertama sesuai ketentuan manufaktur dan tambahan 5 tahun sesuai ketentuan dari Toyota.

Demikian artikel yang saya buat tentang baterai mobil hybrid. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih. 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini