Salah mengisi bahan bakar minyak (BBM) bisa menjadi masalah besar bagi pengendara motor. Bukan hanya membuat motor mogok, tetapi juga bisa merusak komponen mesin. Apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi?

Baru-baru ini, viral di media sosial video yang menunjukkan sejumlah sepeda motor mogok usai mengisi BBM di sebuah SPBU di Sumatera Utara. Ternyata, mereka salah mengisi BBM, bukan Pertalite, melainkan Bio Solar. Kesalahan ini disebabkan oleh petugas SPBU yang salah memasukkan selang saat menerima produk BBM dari mobil tangki .

Menurut Mamal Syahrudin, Area Service Sparepart Mekar Motor, salah mengisi BBM akan membuat motor susah hidup. Selain itu, juga akan terjadi pemuaian pada seal-seal yang ada di dalam mesin atau klep. Risiko ini lebih besar jika motor menggunakan sistem injeksi.

Untuk mengatasi motor yang mogok karena salah isi BBM, Mamal menyarankan untuk menguras tangki BBM, membersihkan injector, dan pompa bensin atau fuel pump. Jika motor menggunakan karburator, maka tangki, filter bensin, dan karburator juga harus dikuras dan dibersihkan.

Proses ini membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya pengendara motor lebih berhati-hati saat mengisi BBM. Pastikan untuk memilih jenis BBM yang sesuai dengan spesifikasi motor. Jangan lupa juga untuk mematikan mesin motor saat mengisi BBM, demi keamanan dan keselamatan bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini