Petualangan Icha, Wanita yang Berkeliling Jawa-Bali dengan Motor Listrik (DOK. SMEV)

Jakarta, Kompas.com – Bagi sebagian orang, naik motor listrik mungkin masih terasa asing dan kurang menantang. Namun, tidak bagi Annisa Zahra Pratiwi, atau yang akrab disapa Icha. Wanita yang hobi naik motor trail ini baru saja menyelesaikan perjalanan panjang dari Bandung ke Denpasar dengan menggunakan motor listrik SMEV EM-T.

Icha adalah salah satu peserta dari program uji ketahanan motor listrik yang digelar oleh SMEV, sebuah perusahaan yang memproduksi motor listrik premium di Indonesia. Program ini bertujuan untuk menguji performa dan daya tahan motor listrik SMEV dalam menghadapi berbagai kondisi jalan dan cuaca di Indonesia.

Perjalanan Icha dimulai dari Eiger Bandung pada tanggal 17 Februari 2024 dan berakhir di Denpasar pada tanggal 23 Februari 2024. Selama tujuh hari, Icha menempuh jarak sekitar 1.100 kilometer dengan melewati beberapa kota seperti Cilacap, Yogyakarta, Bromo, Malang, Situbondo, dan Banyuwangi. Icha mengaku tidak menemui kendala berarti selama perjalanan, baik dari segi motor maupun pengisian baterai.

"Motor listrik SMEV EM-T ini sangat nyaman dan responsif. Saya bisa menyesuaikan kecepatan dan mode berkendara sesuai dengan kondisi jalan. Saya juga tidak perlu khawatir kehabisan baterai, karena SMEV sudah menyediakan stasiun pengisian di setiap kota yang saya singgahi. Proses pengisian baterai juga tidak terlalu lama, hanya sekitar satu jam saja," ujar Icha kepada Kompas.com, Jumat (23/2/2024).

Icha mengaku sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari program ini. Ia berharap, pengalamannya ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan dan hemat biaya.

"Saya merasa beruntung bisa mendapatkan kesempatan ini. Saya bisa menikmati indahnya Indonesia dengan cara yang berbeda. Saya juga bisa membuktikan bahwa motor listrik tidak kalah dengan motor konvensional. Saya harap, banyak orang yang tertarik untuk mencoba motor listrik SMEV dan merasakan sensasinya," tutur Icha.

SMEV sendiri merupakan salah satu produsen motor listrik yang berfokus pada segmen premium. SMEV menawarkan dua model motor listrik, yaitu SMEV EM-T yang berdesain seperti motor trail dan SMEV EM-S yang berdesain seperti motor sport. Kedua model ini memiliki fitur-fitur canggih seperti smart key, digital speedometer, LED headlight, dan USB charger. SMEV juga memberikan garansi lima tahun untuk baterai dan motor listriknya.

SMEV saat ini sudah tersedia di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali. SMEV juga berencana untuk memperluas jaringannya ke kota-kota lainnya di tahun 2024. SMEV juga memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin membeli motor listriknya dengan menyediakan fasilitas kredit dan subsidi dari pemerintah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini