Suzuki Jimny 5 pintu merupakan salah satu mobil yang menarik perhatian pengunjung di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Mobil SUV kompak ini merupakan versi panjang dari Jimny 3 pintu yang sudah dipasarkan sejak 2018. Namun, ada yang berbeda dari Jimny 5 pintu ini, yaitu negara asal produksinya. Jimny 5 pintu dirakit di India, sedangkan Jimny 3 pintu diproduksi di Jepang.

Apakah perbedaan negara asal produksi ini mempengaruhi minat dan kepercayaan konsumen Indonesia terhadap Jimny 5 pintu? Kami mencoba menanyakan hal ini kepada beberapa peminat Jimny 5 pintu yang kami temui di arena IIMS 2024.

Tidak Ada Masalah dengan Jimny 5 Pintu Buatan India

Salah satu peminat Jimny 5 pintu yang kami wawancarai adalah Afif, seorang pria berusia 30 tahun yang bekerja sebagai karyawan swasta. Afif mengaku tertarik dengan Jimny 5 pintu karena desainnya yang keren dan kabinnya yang lebih luas dari Jimny 3 pintu. Afif mengatakan, ia tidak memiliki masalah dengan Jimny 5 pintu yang diproduksi di India, karena ia percaya bahwa Jimny 5 pintu adalah produk global yang memiliki kualitas yang sama dengan Jimny 3 pintu yang diproduksi di Jepang.

"Saya nggak tahu sebenarnya perbedaannya di mana, cuma harusnya dengan pabrikan (Suzuki) yang sama, harusnya nggak banyak masalah (soal kualitas) sih," ujar Afif.

Afif menambahkan, ia juga tidak terlalu mempermasalahkan harga Jimny 5 pintu yang lebih mahal dari Jimny 3 pintu. Menurutnya, harga Jimny 5 pintu masih masuk akal mengingat fitur-fitur yang ditawarkan, seperti cruise control, sistem infotainment layar sentuh 9 inci, dan kontrol iklim otomatis.

"Saya sih nggak masalah (dengan harga), karena memang fiturnya lebih lengkap dan lebih nyaman. Lagian, Jimny 5 pintu kan lebih jarang, jadi lebih eksklusif," kata Afif.

Lebih Memilih Jimny 3 Pintu Buatan Jepang

Berbeda dengan Afif, Budi dan Deni, dua peminat Jimny 5 pintu lainnya, lebih memilih Jimny 3 pintu buatan Jepang. Budi, seorang pria berusia 35 tahun yang bekerja sebagai wiraswasta, mengatakan, ia lebih suka model Jimny 5 pintu, tetapi ia lebih yakin dengan kualitas Jimny 3 pintu buatan Jepang. Menurutnya, standar produksi di Jepang lebih tinggi dari India, sehingga ia merasa lebih aman dan nyaman dengan Jimny 3 pintu.

"Modelnya lebih suka ini (Jimny 5 pintu), karena lebih luas. Tapi (kalau harus beli) saya mending (beli) yang (buatan) Jepang," ucap Budi.

Deni, seorang pria berusia 28 tahun yang bekerja sebagai pegawai negeri, juga memiliki pandangan yang sama dengan Budi. Deni mengaku, ia meragukan kualitas Jimny 5 pintu buatan India, terutama karena ia harus menunggu lama untuk mendapatkan mobil tersebut. Deni mengatakan, ia lebih memilih Jimny 3 pintu buatan Jepang, meskipun kabinnya lebih sempit, karena ia merasa lebih terjamin dengan produk asal Negeri Sakura tersebut.

"Kalau buat saya, Jepang lebih terpercaya kali ya dibanding India. Jadi meragukan juga, kalau inden setahun, terus dari India lagi. Kalau yang 3 pintu, inden lama sudah pasti dapat yang Jepang. Jadi kalau harus memilih, kayaknya saya jadi lebih pilih Jimny 3 pintu, meski kabinnya memang lebih sempit," tutur Deni.

Suzuki Indonesia: Jimny 5 Pintu Buatan India Masih Rumor

Sementara itu, pihak Suzuki Indonesia belum memberikan keterangan resmi mengenai Jimny 5 pintu buatan India. Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, hal tersebut masih rumor, karena Suzuki Motor Corporation belum bersuara apa-apa soal ini.

"Kan kantor pusat kami SMC belum bersuara apa apa soal ini. Jadi kami belum bisa memberikan informasi lebih lanjut," kata Donny.

Donny menambahkan, Suzuki Indonesia masih fokus untuk memasarkan Jimny 3 pintu buatan Jepang, yang memiliki permintaan yang sangat tinggi di Indonesia. Ia mengatakan, Suzuki Indonesia masih memiliki backlog sekitar 1.500 unit Jimny 3 pintu yang harus dipenuhi.

"Kami masih fokus untuk Jimny 3 pintu dulu. Karena permintaannya masih sangat tinggi. Kami masih punya backlog sekitar 1.500 unit yang harus kami penuhi," ujar Donny.

Suzuki Jimny 5 pintu ditawarkan dalam empat varian, yaitu Jimny 5 Pintu MT (Single Tone) Rp 462.000.000, Jimny 5 Pintu MT (Two Tone) Rp 465.000.000, Jimny 5 Pintu AT (Single Tone) Rp 475.600.000, Jimny 5 Pintu AT (Two Tone) Rp 478.600.000. Mobil ini memiliki mesin 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 102 hp dan torsi 130 Nm. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti proyektor LED otomatis, sistem infotainment layar sentuh 9 inci, cruise control, kontrol iklim otomatis, lampu kabut, spion elektrik, 6 airbag, AEB, dan Lane Departure Warning.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini