JAKARTA, 26 Februari 2024KOMPAS.com. Kasus kriminal di jalanan seringkali mengancam pengendara motor, terutama mereka yang kurang waspada terhadap barang bawaan. Salah satu contohnya adalah laci terbuka pada skutik.

Potensi Kejahatan

Model laci terbuka pada skutik memang praktis dan sering dijadikan tempat singgah barang. Namun, desain yang tidak terlalu dalam membuat aksi kejahatan mudah dilakukan. Para jambret hanya perlu dipepet dan mengambil barang, seperti ponsel yang disimpan di dalam laci tersebut.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, menegaskan bahwa barang-barang berharga seharusnya tidak ditempatkan di laci terbuka. Selain mengundang kejahatan, laci terbuka juga berpotensi menyebabkan kecelakaan saat melewati jalan bergelombang atau berlubang.

Tips Aman Berkendara

Berikut beberapa tips agar Anda tetap aman saat berkendara menggunakan skutik:

  1. Jangan Taruh Barang Berharga di Laci Terbuka: Hindari menaruh ponsel atau dompet di laci terbuka. Sebaiknya simpan barang berharga di tas atau kantung jaket yang tertutup.

  2. Perhatikan Kondisi Jalan: Hindari jalan bergelombang atau berlubang dengan mengurangi kecepatan saat melewati area tersebut.

  3. Jangan Mengundang Kejahatan: Jangan menaruh barang berharga di depan, karena bisa menjadi sasaran empuk bagi para begal.

Ingatlah bahwa kejahatan bisa terjadi saat ada kesempatan. Mari bersama-sama menciptakan lingkungan berkendara yang lebih aman dan waspada.

Laci Terbuka pada Skutik Bukan Buat Simpan HP, Rawan Jambret, Kompas.com, 26 Februari 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini