Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (21/2/2024) di Istana Negara. AHY menggantikan posisi Marsekal Hadi Tjahjanto yang diangkat menjadi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Hari pertama bertugas sebagai Menteri ATR/BPN, AHY terlihat datang ke kantor Kementerian ATR/BPN sekitar pukul 09.20 WIB dengan menggunakan mobil Mercedes Benz berpelat RI 41. AHY langsung menyapa beberapa jajaran di Kementerian ATR/BPN dan puluhan awak media yang sudah menanti di lobi utama.

AHY kemudian memimpin rapat internal bersama Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni, Sekretaris Jenderal, dan beberapa Direktur Jenderal di Kementerian ATR/BPN. Dalam rapat tersebut, AHY menyampaikan target-target yang ingin dicapai sesuai dengan program yang sudah dirancang oleh menteri sebelumnya. AHY juga ingin membuka satu persatu mana saja yang ingin dilakukan percepatan.

Setelah rapat, AHY bergegas ke Bandara Soekarno Hatta untuk bertolak ke Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara. AHY mendapatkan undangan untuk mendampingi Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri lainnya. Di sana, AHY akan melihat langsung struktur pertanahan di provinsi dan kabupaten kota.

Sebagai Menteri ATR/BPN, AHY memiliki tanggung jawab untuk mengurus masalah agraria dan tata ruang di Indonesia. Beberapa isu penting yang harus dihadapi oleh AHY antara lain adalah sertifikat tanah, reforma agraria, peta nasional, penataan ruang, dan pemberantasan mafia tanah.

AHY mendapatkan dukungan penuh dari Komisi III DPR RI yang membidangi masalah hukum, keamanan, dan HAM. Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, mengatakan bahwa AHY memiliki kapasitas dan integritas untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Sahroni juga berharap AHY dapat berkoordinasi dengan DPR RI dalam menjalankan tugasnya.

Selain itu, AHY juga mendapatkan apresiasi dari publik karena memiliki hobi overlanding, yaitu aktivitas berkendara di medan off-road dengan menggunakan kendaraan bermotor. AHY diketahui sering menggunakan mobil Mitsubishi Triton untuk melakukan overlanding bersama keluarga dan teman-temannya. AHY juga pernah mengikuti kompetisi overlanding nasional dan internasional.

Dengan latar belakang dan pengalaman yang dimiliki oleh AHY, banyak yang berharap bahwa AHY dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Indonesia, khususnya di bidang agraria dan tata ruang. AHY sendiri mengatakan bahwa ia siap bekerja keras dan bersinergi dengan semua pihak untuk mewujudkan visi dan misi Presiden Joko Widodo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini