Dinamo starter adalah salah satu komponen penting dalam mobil, karena berfungsi sebagai penggerak mesin saat hendak dinyalakan. Jika dinamo starter bermasalah, maka mobil akan sulit dihidupkan atau bahkan tidak bisa nyala sama sekali. Tentu saja, hal ini akan sangat mengganggu aktivitas dan mobilitas Anda.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jika dinamo starter mobil mulai bermasalah? Apa saja gejala yang bisa Anda amati? Berikut ini adalah 6 ciri-ciri dinamo starter mobil mulai bermasalah yang harus Anda ketahui.

1. Muncul Suara Gemeretak dan Mendesing

Salah satu ciri-ciri dinamo starter mobil mulai bermasalah adalah munculnya suara gemeretak dan mendesing saat mobil distarter. Suara gemeretak biasanya disebabkan oleh hubungan antara gigi-gigi pada gear pinion dengan gigi-gigi pada ring gear di mesin. Jika gigi-gigi tersebut rusak atau aus, maka akan menimbulkan gesekan yang tidak normal dan menghasilkan suara gemeretak. Suara ini menandakan bahwa dinamo starter sudah rusak dan harus segera diganti.

Suara mendesing, di sisi lain, biasanya disebabkan oleh bantalan satu arah pada gear pinion yang rusak. Akibatnya, armature shaft yang seharusnya memberikan putaran bagi gear pinion malah berputar dengan sendirinya. Kondisi ini sering disebut starter loss. Suara mendesing ini menunjukkan bahwa dinamo starter tidak bekerja dengan baik dan tidak mampu menggerakkan mesin.

2. Mobil Tak Bereaksi Saat Distarter

Ciri-ciri dinamo starter mobil mulai bermasalah yang kedua adalah mobil tidak bereaksi sama sekali saat distarter. Artinya, tidak ada suara atau gerakan apapun dari mesin, seolah-olah mobil mati total. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sekring pada dinamo putus, kabel atau terminal yang terputus atau korosi, atau solenoid yang rusak. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus memeriksa koneksi kelistrikan pada dinamo starter dan mengganti bagian yang rusak.

3. Daya Aki Lemah

Daya aki yang lemah juga bisa menjadi ciri-ciri dinamo starter mobil mulai bermasalah. Jika aki mobil sudah habis atau lemah, maka starter mobil akan sulit dan tidak memicu sistem pengapian. Anda bisa mengetahui kondisi aki dengan melihat lampu indikator pada dashboard atau dengan menggunakan alat tester. Jika aki lemah, maka Anda harus mengisi ulang atau mengganti aki dengan yang baru.

4. Lampu Depan Mobil Mati Mendadak

Lampu depan mobil yang mati mendadak juga bisa menjadi tanda bahwa dinamo starter mobil bermasalah. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi aki yang sudah lemah atau mati, atau karena rangkaian terbuka (open circuit) pada dinamo starter. Rangkaian terbuka biasanya disebabkan oleh sambungan (terminal) yang mengalami korosi, terutama pada sambungan aki. Kondisi ini dapat menghalangi arus listrik untuk mencapai mesin starter. Jika lampu depan mobil mati mendadak, maka Anda harus memeriksa kondisi aki dan sambungan kelistrikan pada dinamo starter.

5. Lampu Mobil Mati Saat Distarter

Ciri-ciri dinamo starter mobil mulai bermasalah yang kelima adalah lampu mobil mati saat distarter. Artinya, saat Anda menekan kunci kontak untuk menghidupkan mesin, lampu mobil yang sebelumnya menyala akan padam. Hal ini menunjukkan bahwa ada masalah pada sistem kelistrikan mobil, khususnya pada dinamo starter. Kemungkinan besar, dinamo starter mengalami arus bocor atau short circuit, sehingga menguras daya aki dan membuat lampu mobil mati. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus segera memeriksa dan memperbaiki dinamo starter.

6. Terdengar Bunyi ‘Klik’ yang Keras

Ciri-ciri dinamo starter mobil mulai bermasalah yang terakhir adalah terdengar bunyi ‘klik’ yang keras saat mobil distarter. Bunyi ini biasanya berasal dari solenoid, yaitu bagian yang berfungsi sebagai saklar untuk menghubungkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Jika solenoid rusak, maka arus listrik tidak akan sampai ke dinamo starter, sehingga mesin tidak akan berputar. Bunyi ‘klik’ ini menandakan bahwa solenoid tidak bekerja dengan baik dan perlu diganti.

Itulah 6 ciri-ciri dinamo starter mobil mulai bermasalah yang harus Anda waspadai. Jika Anda menemukan salah satu atau beberapa gejala di atas, maka sebaiknya Anda segera membawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki. Jangan biarkan dinamo starter mobil bermasalah terlalu lama, karena bisa berdampak pada kerusakan komponen lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berkendara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini