BYD, produsen mobil listrik terbesar asal China, resmi memasuki pasar Indonesia di awal tahun 2024. BYD membawa tiga model sebagai senjata awal, yaitu BYD Seal, Dolphin, dan Atto 3. Dari ketiga model tersebut, nama Atto 3 cukup menarik perhatian. Pasalnya, nama ini bukan berasal dari hewan, seperti dua model lainnya. Lalu, apa arti nama Atto 3?

Menurut Bobby Bharata, Kepala Operasi PT BYD Motor Indonesia, nama Atto 3 diambil dari nama satuan waktu terkecil, yaitu attosecond atau attodetik. Satu attodetik setara dengan satu triliun detik atau 10 pangkat -18 detik. Jumlah attodetik dalam satu detik sama banyaknya dengan jumlah detik dalam 13,8 miliar tahun sejarah alam semesta.

"Atto artinya attoseken (attodetik), ukuran yang lebih kecil dari detik, jadi itu adalah waktu, 1 atoseken itu sama dengan 0,00000 berapa juta detik, sedangkan angka 3 pada Atto 3 itu serinya, tapi tidak ada Atto 1 atau Atto 2," ujar Bobby di Bandung, Senin (29/1/2024).

Bobby tidak menjelaskan mengapa BYD menggunakan ukuran attodetik sebagai nama produknya, sebab itu berada di level prinsipal. Namun, ia mengakui bahwa nama merupakan representasi merek untuk dekat dengan konsumen.

"Nama di China sebetulnya bukan itu, bukan Atto 3 tapi Yuan Plus, tapi nama Atto 3 dipakai global," ujar Bobby.

BYD Atto 3 masuk di segmen SUV crossover kompak bertenaga baterai (segmen C). Mobil ini akan bersaing dengan dua mobil listrik China lainnya yang telah lebih dulu hadir di Indonesia, yaitu MG 4 EV dan Chery Omoda E5.

BYD Atto 3 memiliki dua varian, yaitu Advanced dengan jangkauan maksimum 410 km, dan Superior yang memiliki jangkauan hingga 480 km. Motor listrik alias dinamo diklaim memiliki tenaga maksimal 150 kW dan torsi 310 Nm. Akselerasi mobil dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 7,3 detik sebelum mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam.

Dari sisi desain, BYD Atto 3 menampilkan desain yang berbeda dengan mengombinasikan lampu depan LED dengan bulu sayap naga. BYD mengklaim bahwa itu terlihat seperti naga yang membumbung tinggi dan megah. Bagian interiornya dibangun dengan konsep olahraga dan kebugaran.

Untuk fitur, BYD Atto 3 dilengkapi dengan panoramic roof, PM 2.5 air filter, wireless phone charger, power tailgate, dan speaker 8 buah untuk varian Superior. Sedangkan varian Advanced belum memiliki fitur-fitur tersebut.

Untuk harga, BYD Indonesia baru mengumumkan harga BYD Atto 3 versi Superior sebesar Rp 515 juta. Harga untuk varian Advanced belum diumumkan.

BYD juga bekerja sama dengan PLN untuk menyediakan fasilitas pengisian daya listrik (charging station) bagi konsumen mobil listrik. BYD berencana untuk membangun 100 charging station di seluruh Indonesia pada tahun 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini