Build Your Dreams (BYD) merupakan produsen mobil listrik asal China yang saat ini menduduki peringkat pertama di dunia dalam hal penjualan mobil listrik. Namun, perjalanan BYD untuk mencapai posisi tersebut tidaklah mudah. BYD memulai bisnisnya sebagai produsen baterai pada tahun 1995, dan baru memasuki industri otomotif pada tahun 2003 dengan mengakuisisi perusahaan bernama Qinchuan Automobile Company. BYD kemudian meluncurkan mobil pertamanya, BYD F3, pada tahun 2005. Mobil ini merupakan mobil konvensional yang menjadi salah satu mobil populer di China hingga tahun 2010.

Pada tahun 2008, BYD meluncurkan mobil plug-in hybrid pertamanya, BYD F3DM, yang menggunakan teknologi dual mode, yaitu mesin dan baterai. Pada tahun 2009, BYD meluncurkan mobil listrik pertamanya, BYD E6, yang menjadi permulaan untuk beralih sepenuhnya ke elektrifikasi pada tahun 2022. BYD terkenal dengan baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) atau blade battery, yang diklaim lebih aman dan berkelanjutan daripada baterai jenis nickel cobalt mangan (NCM) yang digunakan oleh produsen mobil listrik lainnya. BYD juga membuat baterai kendaraan listriknya sendiri melalui anak perusahaan FinDreams.

BYD memerlukan waktu 13 tahun untuk mencapai penjualan sejuta unit kendaraan. Namun, di tahun-tahun berikutnya, permintaan produk meningkat signifikan. Bahkan, jika dulu mereka memerlukan 13 tahun untuk mencatat sejuta unit penjualan, kini mereka hanya perlu waktu 3 bulan untuk mencapai angka tersebut. Secara akumulatif, BYD sudah menjual 6 juta unit kendaraan sejak pertama muncul hingga tahun 2023. Mereka berharap, kehadirannya di Indonesia membuat penjualannya makin melesat tajam. BYD telah meluncurkan tiga mobil listrik di Tanah Air, yaitu BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal. Seluruhnya masih didatangkan utuh atau CBU dari China.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini