Sebuah video yang menunjukkan detik-detik seorang pedagang rujak tewas tertabrak ban truk kontainer yang terlepas viral di media sosial. Kejadian nahas itu terjadi di Jalan Raya Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Senin (26/2/2024) sekitar pukul 11.30 WIB.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @bandung.banget, terlihat pedagang rujak yang sedang berjualan dengan mendorong gerobaknya di pinggir jalan. Tiba-tiba, dari arah belakang datang truk Hino bernomor polisi B 9275 TEJ yang melaju dari arah Batujajar menuju Cimareme.

Saat hendak menyalip pedagang rujak, ban belakang sebelah kiri truk terlepas dan menggelinding ke arah kiri. Ban truk itu kemudian menghantam kepala pedagang rujak dengan keras, sehingga korban langsung roboh dan tidak bergerak lagi.

Menurut Kanit Gakkum Satlantas Polres Cimahi Ipda Bayu Subakti, korban yang diketahui bernama Suroso mengalami luka parah dan meninggal dunia di tempat kejadian perkara. "Akibat kejadian kecelakaan lalu lintas tersebut, pedagang rujak itu meninggal dunia di tempat kejadian perkara karena mengalami luka serius," kata dia dalam keterangan tertulis.

Polisi dan warga segera mengevakuasi jasad korban untuk diserahkan ke keluarga. Polisi juga mengamankan sopir truk untuk dimintai keterangan. Sementara itu, truk yang bersangkutan dibawa ke kantor polisi untuk dijadikan barang bukti.

"Untuk pengemudi mobil truk tersebut, saat ini sedang dimintai keterangan terkait kecelakaan itu," ucap Bayu.

Polisi juga menyelidiki penyebab ban truk terlepas. Menurut Kepala Bidang Teknik dan Lingkungan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ban truk copot, seperti pemasangan yang tidak sempurna, kurang kencang baut dan murnya, serta baut yang putus.

"Ban truk copot disebabkan pemasangan yang tidak sempurna, kurang kencang baut dan murnya. Serta, karena baut yang putus," kata Nasir.

Nasir menambahkan, untuk mencegah hal serupa terjadi, pengemudi truk harus rutin melakukan pengecekan kondisi kendaraan, terutama ban, baut, dan mur. Selain itu, pengemudi juga harus mengikuti aturan lalu lintas dan tidak melaju dengan kecepatan tinggi.

"Harus rutin cek kondisi kendaraan, terutama ban, baut, dan mur. Jangan ngebut, ikuti aturan lalu lintas," ujar Nasir.

Kejadian ini mengundang simpati dan duka cita dari banyak netizen yang menyaksikan video viral tersebut. Mereka mendoakan agar korban husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

"Turut berdukacita semoga korban husnul khatimah, Al-fatihah," tulis akun @bandung.banget.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini