Kota Bekasi kini memiliki angkutan umum massal baru yang bernama BISKITA Trans Bekasi Patriot. BISKITA merupakan singkatan dari Bekasi Integrated Smart and Green Transportation. Angkutan umum ini resmi beroperasi pada Minggu, 3 Maret 2024, dengan skema Buy The Service (BTS) yang bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) .

BISKITA Trans Bekasi Patriot memiliki satu rute atau satu koridor yang melayani penumpang dari Summarecon Bekasi hingga Vida Bantar Gebang via Revo Mall. Rute ini juga terintegrasi dengan angkutan umum massal lainnya, yaitu LRT Jabodebek (Stasiun LRT Bekasi Barat) dan KRL Jabodetabek. Adapun jam operasional BISKITA Trans Bekasi Patriot adalah setiap hari pukul 05.00 – 21.00 WIB .

Salah satu keunggulan dari BISKITA Trans Bekasi Patriot adalah tarifnya yang masih gratis untuk masyarakat selama enam bulan kedepan. Tarif gratis ini diberikan oleh Pemerintah Kota Bekasi dan BPTJ sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum massal .

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa BISKITA Trans Bekasi Patriot dapat mengoptimalkan angkutan umum massal di Kota Bekasi dan mengurangi kemacetan dan polusi. Ia juga berharap masyarakat yang bepergian ke Jakarta dapat merasakan kenyamanan, keamanan, dan kesegaran dengan menggunakan angkutan umum massal ini .

BISKITA Trans Bekasi Patriot merupakan angkutan umum massal berbasis jalan yang memenuhi standar pelayanan minimal, mulai dari aspek kenyamanan, keamanan, keselamatan, keterjangkauan, hingga kesetaraan. BISKITA Trans Bekasi Patriot juga memiliki kapasitas armada yang bisa menampung 40 penumpang .

Bekasi menjadi kota ke-12 yang menerapkan layanan BTS pada transportasi massal publiknya. Kota-kota lain yang telah lebih dulu menerapkan layanan BTS antara lain Bogor, Palembang, Medan, Bali, Solo, Yogyakarta, Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Bandung, dan Surabaya .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini