Anda mungkin bermimpi untuk memiliki mobil Bugatti, salah satu hypercar termahal dan tercepat di dunia. Namun, sebelum anda memutuskan untuk membeli mobil ini, ada baiknya anda memikirkan dulu biaya servisnya yang tidak kalah mahal. Tidak percaya? Simak fakta-fakta berikut ini.

Servis Tahunan: Rp 180 Juta

Mobil Bugatti, seperti Bugatti Chiron, membutuhkan perawatan rutin yang sangat mahal. Dari pabriknya, Bugatti menawarkan layanan perawatan gratis selama empat tahun untuk konsumen Bugatti Chiron. Setelah itu, biaya besar akan ditanggung pemiliknya.

Servis tahunan Bugatti Chiron disebut tembus US$ 11.500 atau setara Rp 180 juta. Itu mencakup penggantian oli, filter oli, penggantian baterai kunci mobil, hingga minyak rem. Biaya ini sudah bisa untuk membeli mobil baru di kelas low MPV, bahkan bisa dapat tipe tertinggi.

Servis Besar: Rp 534 Juta

Perawatan Bugatti tidak hanya sebatas servis tahunan. Setiap empat tahun, mobil ini harus menjalani servis besar-besaran yang biayanya lebih tinggi lagi. Servis ini meliputi penggantian oli gandar depan dan belakang, oli longitudinal lock, penggantian oli dan filter girboks, filter udara, penggantian drive belt, busi, penggantian oli dan filter hidrolik, serta cairan pendingin baru.

Biaya untuk servis besar ini adalah US$ 34.000 atau setara Rp 534 juta. Biaya ini sudah bisa untuk membeli mobil baru di kelas menengah, seperti sedan atau SUV. Servis ini harus dilakukan sekali dalam 10 tahun pertama pemakaian mobil.

Ganti Ban: Rp 133 Juta

Ban mobil Bugatti juga tidak sembarangan. Ban yang digunakan adalah ban khusus yang dibuat oleh Michelin, yang bisa menahan kecepatan hingga 400 km/jam. Ban ini harus diganti setiap lima tahun, atau lebih sering jika mobil sering dipakai untuk balapan.

Biaya untuk mengganti ban yang standar adalah US$ 8.450 atau setara Rp 133 juta. Biaya ini sudah bisa untuk membeli motor sport atau mobil bekas. Jika anda ingin mengganti ban yang bisa menahan kecepatan hingga 450 km/jam, biayanya lebih mahal lagi, yaitu US$ 38.000 atau setara Rp 595 juta.

Ganti Mesin atau Transmisi: Rp 13,4 Miliar atau Rp 2,9 Miliar

Mesin dan transmisi mobil Bugatti adalah komponen yang paling vital dan paling mahal. Mesin Bugatti Chiron adalah mesin W16 8.0 liter quad-turbocharger yang bisa menghasilkan tenaga hingga 1.500 hp. Transmisi Bugatti Chiron adalah girboks kopling ganda tujuh percepatan yang bisa mengatur torsi hingga 1.600 Nm.

Jika mesin atau transmisi mobil ini rusak atau perlu diganti, biayanya sangat fantastis. Mesin Bugatti Chiron membutuhkan biaya penggantian sebesar US$ 856.406 atau setara Rp 13,4 miliar. Transmisi Bugatti Chiron membutuhkan biaya penggantian sebesar US$ 185.000 atau setara Rp 2,9 miliar. Biaya ini sudah bisa untuk membeli rumah mewah atau apartemen di kota besar.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa biaya servis Bugatti sangat mahal dan tidak terjangkau oleh kebanyakan orang. Biaya servis ini bahkan bisa lebih mahal dari harga mobil baru. Oleh karena itu, jika anda ingin memiliki mobil Bugatti, anda harus mempersiapkan dana yang sangat besar, tidak hanya untuk membeli mobilnya, tetapi juga untuk merawatnya. Masih yakin mau beli Bugatti?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini