Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengunjungi Australia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia, serta melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese. Di sana, Jokowi menggunakan mobil listrik mewah BMW iX sebagai kendaraan resminya. Mobil listrik ini juga pernah digunakan oleh para kepala negara di KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT.

BMW iX adalah mobil listrik bergaya Sport Activity Vehicle (SAV) yang merupakan simbol dari era baru mobilitas di BMW. Mobil ini menggunakan penggerak BMW eDrive generasi kelima, yang menghasilkan lebih dari 370 kW/500 hp dan memungkinkan jangkauan lebih dari 600 kilometer dalam siklus WLTP. Teknologi pengisian daya pada mobil ini memungkinkan pengisian cepat DC dengan output hingga 200 kW. Baterai bisa terisi dari 10% hingga 80% hanya dalam waktu kurang dari 40 menit.

Pada bagian interior, BMW iX memiliki banyak elemen yang pertama kali terlihat pada sebuah BMW, seperti roda kemudi heksagonal dan layar BMW curved. Gril baru BMW yang berisi kamera, radar, dan banyak sensor lainnya juga menjadi salah satu teknologi tinggi dari SUV 5 seater ini. Sementara itu, teknologi BMW eDrive untuk mobilitas berkelanjutan tersembunyi di bawah kap mesin.

Di Indonesia, BMW iX tersedia dengan dua pilihan yaitu BMW iX xDrive40 dan iX xDrive50 Sport. BMW iX xDrive40 memiliki tenaga lebih dari 326 hp. Untuk itu, akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh waktu 6,1 detik. Konsumsi daya listrik BMW iX xDrive40 rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 20 kWh per 100 kilometer. Unit baterai BMW iX xDrive40 memiliki kandungan energi (gross) lebih dari 70 kWh. Sekali ngecas sampai penuh, mobil listrik itu bisa menjangkau jarak hingga 420 km.

Sementara itu, BMW iX xDrive50 menggunakan motor listrik generasi kelima BMW eDrive technology yang dicolok kesemua rodanya. Tenaga maksimalnya tembus 523 HP dan torsi 765 Nm. BMW iX xDrive50 juga membawa baterai yang lebih besar. BMW memasangkan baterai Lithium-ion berkapasitas 105,2 kWh atau 111,5 kWh (gross). Dengan baterai yang terisi penuh, iX xDrive50 diklaim mampu menempuh jarak hingga 630 km.

Di Indonesia, BMW iX xDrive40 Sport dijual dengan harga Rp 2.367.000.000 dan iX xDrive50 Sport seharga Rp 2.627.000.000. Harga tersebut belum termasuk pajak alias masih off the road.

Selain menikmati kenyamanan dan kemewahan BMW iX, Jokowi juga mengajak PM Australia untuk membangun pabrik baterai mobil listrik di Indonesia. Pasalnya, menurut Jokowi, Indonesia dan Australia memiliki bahan baku baterai mobil listrik yakni nikel dan litium. "Saya hanya menawarkan kepada Prime Minister Anthony Albanese, di Australia ada litium, kita punya nikel. Kalau digabung itu sudah jadi baterai mobil listrik," kata Jokowi dalam B20 Summit di Bali, Senin (14/11/2022).

Jokowi berharap kerja sama ini bisa meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan antara kedua negara, serta mendukung transisi energi yang ramah lingkungan. "Kita harus memanfaatkan momentum ini untuk memperkuat kerja sama di bidang energi terbarukan, termasuk mobil listrik," ujar Jokowi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini