PO Rosalia Indah, salah satu perusahaan otobus (PO) terbesar di Indonesia, baru-baru ini meluncurkan bus baru yang memiliki desain eksterior yang unik. Bus yang menggunakan bodi Legacy SR3 XHD Prime buatan Karoseri Laksana ini tampak seperti bus double decker, padahal sebenarnya bus ini adalah single decker.

Bagaimana bisa bus single decker tampil seperti bus double decker? Ternyata, hal ini disebabkan oleh pilihan warna dan livery yang digunakan oleh PO Rosalia Indah. Pada bodi samping bus, terdapat garis tebal berwarna putih dengan tulisan Rosalia Indah yang menciptakan ilusi pemisah kaca atas dan bawah seperti pada bus tingkat. Padahal, kaca bus ini hanya ada di bagian atas saja, sedangkan bagian bawah merupakan bodi bus dengan warna hitam yang seolah-olah seperti kaca.

Selain itu, bus ini juga menggunakan sasis tronton dari Scania K410, yang biasanya digunakan untuk bus double decker. Dengan demikian, bus ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih tinggi daripada bus single decker pada umumnya. Bus ini juga dilengkapi dengan kaca depan double glass, yang membuat tampilannya lebih gagah dan modern.

Lalu, apa alasan PO Rosalia Indah membuat bus dengan konsep seperti ini? Menurut Direktur PT Rosalia Indah Transport, FX. Adimas Rosdian Bbuscom, keputusan pemilihan warna dan livery tersebut dilakukan oleh sang ayah, Yustinus Soeroso, selaku Presiden Direktur PT Rosalia Indah. "Itu dari Pak Suroso langsung yang request (minta livery) seperti itu mas," kata Adimas kepada detikOto.

Adimas mengatakan, tidak ada tujuan khusus dari konsep bus ini, selain untuk memperbarui armada dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. "Terkait livery, kalau dari konsumen baik-baik saja, tidak ada komentar apa-apa," ujar Adimas. Ia menambahkan, bus ini akan melayani beberapa rute dengan kelas eksekutif, yang memiliki fasilitas seperti kursi dengan sandaran kaki dan tangan, toilet, TV, dan bagasi kabin.

Bus baru PO Rosalia Indah ini menjadi salah satu bukti bahwa industri otobus di Indonesia terus berkembang dan berinovasi. Dengan desain yang menarik dan menipu mata, bus ini tentu akan menambah daya tarik bagi para penumpang yang ingin merasakan sensasi naik bus tingkat, meskipun sebenarnya bus ini adalah single decker.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini