Mudik lebaran tahun ini, pemudik motor yang ingin menyeberang ke Pulau Sumatera dapat memanfaatkan Pelabuhan Ciwandan di Kota Cilegon, Banten. Pelabuhan ini telah ditetapkan sebagai pelabuhan khusus untuk kendaraan roda dua dan kendaraan truk golongan VI dan VII.

Menurut Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Pol R Slamet Santoso, pengoperasian Pelabuhan Ciwandan tidak akan dilakukan secara situasional, melainkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh PT ASDP dan otoritas pelabuhan. Selain itu, sarana dan prasarana yang ada di Pelabuhan Ciwandan juga telah dipersiapkan dengan baik untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik motor, seperti toilet, tempat istirahat, dan tenda.

Pelabuhan Ciwandan mulai digunakan untuk pemudik motor sejak tahun 2023, dengan tujuan untuk mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak. Pada musim mudik tahun lalu, pemudik motor dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada 15-21 April 2023, dan rute Ciwandan-Panjang pada 19-21 April 2023.

Selain Pelabuhan Ciwandan, pihak Korlantas Polri juga akan mengoperasikan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Bojonegara, Kabupaten Serang, untuk melayani kendaraan golongan VII keatas VIII, IX. Dengan demikian, kendaraan yang ada di Pelabuhan Merak dapat terbagi dengan baik dan tidak menimbulkan kemacetan.

Brigjen Pol R Slamet Santoso juga menyampaikan bahwa ada 33 kapal Roro yang siap beroperasi mengangkut pemudik dari Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan BBJ. Ia berharap agar pemudik dapat mematuhi protokol kesehatan dan aturan lalu lintas selama perjalanan mudik, demi keselamatan dan kenyamanan bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini