Suzuki Jimny merupakan salah satu mobil yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Mobil ini dikenal sebagai mobil off-road yang tangguh, kompak, dan ikonik. Sejak diluncurkan pada tahun 2019, Suzuki Jimny 3 pintu selalu laris manis dan memiliki inden yang panjang. Namun, pada tahun 2024 ini, Suzuki meluncurkan varian baru dari Jimny, yaitu Jimny 5 pintu. Lantas, bagaimana nasib Jimny 3 pintu setelah kehadiran Jimny 5 pintu?

Menurut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Jimny 5 pintu tidak akan menggeser Jimny 3 pintu di pasar Indonesia. Kedua mobil ini memiliki segmen dan konsumen yang berbeda. Jimny 5 pintu lebih cocok untuk konsumen yang sudah berkeluarga, karena memiliki dimensi yang lebih besar, ruang kabin yang lebih luas, dan akses yang lebih mudah ke bangku belakang. Sedangkan Jimny 3 pintu tetap diminati oleh konsumen yang menyukai mobil off-road yang mungil, lincah, dan klasik.

Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning PT SIS, mengatakan bahwa Jimny 3 pintu tetap dijual dan peminatnya tetap ada meski sudah diluncurkan Jimny 5 pintu. "Jimny 3 pintu tetap jalan. Konsumennya tetap ada," kata Joshi saat ditemui di media test drive Suzuki Jimny 5 Pintu di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/3/2024).

Ei Mochizuki, Asst. To Strategic Planning Dept Head PT SIS menambahkan, konsumen yang memesan Jimny 3 pintu tetap ada meski sudah lahir Jimny 5 pintu. Meski, menurut Mochizuki pemesan Jimny 5 pintu lebih banyak. "SPK tetap ada. Yang kemarin di IIMS pun ada. Yang lima pintu memang lebih banyak, tapi yang 3 pintu ada," ujar Mochizuki.

Donny Saputra, Deputy Managing Director 4W PT SIS, mengatakan, meski masa tunggu cukup panjang, masih banyak konsumen yang menunggu inden Jimny 3 pintu. “Kalau kita lihat konsumen Jimny kan beda, yang kejadian justru malah nambah, tadinya punya tiga (mobil) tambah jadi lima. Kami sudah tutup inden (Jimny 3 pintu) September 2019 sampai saat ini belum terpenuhi, masih banyak yang antre,” kata Donny kepada Kompas.com, Selasa (13/2/2024).

Donny melanjutkan, konsumen Jimny 3 pintu kebanyakan juga tidak mau beralih ke model 5 pintu yang telah meluncur di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. “Pindah ke lima pintu? Kalau mereka (konsumen Jimny) belum punya tiga (pintu), mereka sudah pesan lima pintu. Karena Jimny satu-satunya mobil yang harga jual bekasnya lebih tinggi dari harga barunya,” kata Donny.

Sebagai informasi, Suzuki saat ini menjual Jimny 3 pintu dengan harga mulai Rp 443,9 juta untuk tipe MT Single Tone, sedangkan varian tertingginya yakni AT Two Tone dibanderol Rp 460,5 juta. Sementara untuk versi 5 pintu, diperkirakan akan dijual mulai Rp 470 juta sampai Rp 488 juta.

Secara tampilan, Suzuki Jimny 5 Pintu mengusung desain yang identik dengan varian 3 Pintu-nya. Satu hal yang membedakan kedua mobil ini adalah, Jimny 5 Pintu membawa aksen chrome di grille-nya. Dengan embel-embel 5 pintu, tentu varian baru dari Jimny ini hadir dengan dimensi yang lebih besar. Panjang totalnya menjadi 3.965 mm. Sedangkan lebar 1.645 mm dan tingginya 1.720 mm, notabene sama dengan varian Jimny 3 pintu. Jimny 5 Pintu hadir dengan jarak sumbu roda yang lebih jenjang, yakni 2.590 mm. Namun untuk urusan ground clearance-nya masih sama dengan si 3 pintu, yakni 210 mm. Dimensi Jimny 5 Pintu yang panjang ini membuatnya hadir dengan radius putar minimum lebih panjang, yakni 5,7 meter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini