Lampu MIL atau Malfunction Indicator Lamp adalah lampu indikator yang terdapat pada sepeda motor Honda yang menggunakan teknologi injeksi PGM-FI. Lampu ini berfungsi sebagai pemberi informasi kepada pengendara terkait kinerja sistem PGM-FI. Jika lampu MIL menyala atau berkedip, itu menandakan adanya kerusakan atau malfungsi pada sistem injeksi .

Lampu MIL bekerja berdasarkan informasi dari Engine Control Module (ECM). ECM adalah komponen yang mengatur kerja sistem injeksi dengan menerima data dari berbagai sensor. Saat ada sensor yang bermasalah atau tidak normal, ECM akan memberikan sinyal kepada lampu MIL untuk menyala atau berkedip .

Lampu MIL memiliki dua macam kedipan, yaitu kedipan panjang dan kedipan pendek. Kedipan panjang berlangsung selama 1,3 detik, sedangkan kedipan pendek berlangsung selama 0,3 detik. Kedipan ini merupakan kode yang menunjukkan bagian mana yang bermasalah pada sistem injeksi.

Untuk membaca kode kedipan lampu MIL, kita harus menghitung jumlah kedipan panjang dan pendek. Kedipan panjang memiliki nilai 10, sedangkan kedipan pendek memiliki nilai 1. Misalnya, jika lampu MIL berkedip panjang sekali dan pendek dua kali, maka kode kedipannya adalah 12.

Berikut ini adalah daftar kode kedipan lampu MIL pada motor Honda dan arti kerusakannya :

Kode Kerusakan
1 Sensor Manifold Absolute Pressure (MAP)
7 Sensor Engine Oil Temperature (EOT) atau Engine Coolant Temperature (ECT)
8 Sensor Throttle Position (TP)
9 Sensor Intake Air Temperature (IAT)
11 Sensor Vehicle Speed (VS)
12 Injektor
21 Sensor oksigen
29 Rangkaian Intake Air Control Valve (IACV)
33 Engine Control Module (ECM)
52 Sensor Crankshaft Position (CKP)
54 Sensor Bank Angle Sensor (BAS)
67 Front Wheel Speed Sensor (PCX 160)
86 Speedometer (PCX 160)
91 Coil Ignition primary circuit malfunction (PCX 150, ADV 150, PCX 160)

Jika motor Anda memberikan kode kedipan lampu MIL, sebaiknya Anda segera membawa motor ke bengkel resmi Honda terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan. Teknisi akan menggunakan alat khusus untuk membaca kode kedipan lampu MIL dan mengatasi masalahnya .

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika lampu MIL menyala atau berkedip, karena motor Honda sudah dilengkapi dengan teknologi Fail Safe Mode. Teknologi ini akan memberikan informasi atau data yang dibutuhkan oleh ECM ketika terdapat sensor yang bermasalah, sehingga motor tetap bisa dihidupkan dan dijalankan dengan normal, hanya saja performa mesinnya akan sedikit menurun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini