Pemerintah Kota Tangerang bekerja sama dengan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) untuk melakukan pengujian berkala kendaraan bermotor. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama di Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis, 7 Maret 2024.

Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan, kerjasama ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat Kota Tangerang dalam melakukan pengujian kendaraan mereka. Selain itu, kerjasama ini juga diharapkan dapat mengurangi polusi udara dan kemacetan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

"Ke depannya masyarakat kota Tangerang selain bisa melakukan pengujian kendaraan di UPT PKB kota Tangerang maupun di Unit Pelaksana Pengujian milik PT Hino di wilayah Jatiuwung," kata Nurdin.

Nurdin menambahkan, kerjasama ini mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 19 Tahun 2021 pasal 36 ayat 1 yang mengatur bahwa pengujian berkala kendaraan bermotor dapat dilakukan oleh Unit Pelaksana Pengujian Swasta yang mendapat perizinan berusaha dari menteri.

"Kami sangat menyambut baik dan berharap ini juga menjadi bagian dari kolaborasi dan kontribusi semua elemen masyarakat untuk bersama-sama memajukan Kota Tangerang, yaitu melalui pelayanan publik yang semakin optimal, sehingga Kota Tangerang akan semakin sejahtera dan berdaya saing," ujar Nurdin.

Sementara itu, Presiden Direktur HMSI Takashi Muto mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung kemajuan industri transportasi Indonesia dengan menyediakan fasilitas Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Swasta yang terintegrasi dengan bengkel resmi Hino.

"Layanan uji berkala kendaraan bermotor milik HMSI memiliki SDM Penguji berintegritas yang memiliki sertifikat kompetensi resmi dari Dirjen Perhubungan Darat, dan metode pengujian yang mengikuti regulasi Pemerintah ditambah dengan inspeksi standar APM Hino, sehingga menghasilkan kualitas hasil uji yang dapat dipertanggung jawabkan, serta rekomendasi perbaikan tepat, langsung di bengkel resmi Hino," kata Muto.

Muto juga mengatakan, layanan uji berkala milik Hino sangat mudah karena dilakukan dengan aplikasi untuk booking jadwal pelaksanaan sehingga dapat bebas antrian untuk efisiensi waktu tanpa mengganggu operasional kendaraan.

"Booth Hino menghadirkan one stop business solution untuk semua kebutuhan kendaraan bisnis dari para pengunjung, mulai dari deretan unit yang sesuai dengan beragam kebutuhan bisnis, layanan purna jual yang membuat bisnis lebih mudah, teknologi, hingga perusahaan pembiayaan tersedia di sini," tutur Muto.

Dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024, Hino juga menampilkan lima unit produk andalannya, yaitu Hino 300 – 136 HD, Hino 500 – FM 280 JD Mining, Hino 700 – ZY 5041, Hino Bus – RM 280 ABS dan di area display outdoor Hino 500 – FG 235 JJ Dump Truck.

Peresmian fasilitas UPUBKB Swasta milik Hino dihadiri oleh Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, bersama Danto Restyawan, Direktur Sarana Transportasi Jalan, Kementerian Perhubungan dan Nurdin, Pejabat (PJ) Walikota Tangerang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini