Foton, merek kendaraan niaga asal China, baru saja memperkenalkan tiga model mobil niaga bertenaga listrik di Indonesia, yaitu Foton e-Truckmate, Foton e-Aumark, dan Foton e-View. Ketiga model ini diluncurkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 yang berlangsung pada 7-10 Maret di Senayan, Jakarta .

Foton e-Truckmate adalah mini truck yang diklaim menyasar segmen angkutan area perkotaan dengan berat total kendaraan 2.540 kg dan tonase 1 ton. Foton e-Aumark adalah light-truck yang cocok untuk logistik perkotaan dan last-mile delivery. Sedangkan Foton e-View adalah van yang ditenagai motor listrik tunggal yang mampu menghasilkan tenaga 115 PS dengan torsi 290 Nm.

Ketiga mobil niaga listrik Foton ditawarkan dengan harga off the road yang kompetitif. Foton e-Truckmate dibanderol Rp 371,85 juta, sedangkan harga off the road untuk model e-Aumark dan e-View masing-masing adalah Rp 643,8 juta dan Rp 591 juta. Harga ini belum termasuk biaya pajak dan insentif dari pemerintah.

Namun, yang menarik adalah rencana Foton untuk merakit mobil niaga listriknya secara lokal di Indonesia. Saat ini, ketiga model tersebut masih didatangkan secara utuh atau CBU dari China. Namun, ke depannya, Foton berjanji akan segera melakukan produksi CKD (Completely Knocked Down) di Tanah Air .

Dengan demikian, harga mobil niaga listrik Foton diharapkan bisa lebih terjangkau lagi, sekaligus meningkatkan kandungan lokal dan mendukung industri otomotif nasional. Selain itu, Foton juga berharap dapat menerima insentif pajak dari pemerintah yang sedang gencar mendorong pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Foton merupakan merek kendaraan niaga yang baru masuk ke pasar Indonesia di bawah naungan PT Indomobil Global Transportasi. Foton mengklaim sebagai produsen kendaraan komersial terbesar di China dan telah mengekspor produknya ke lebih dari 110 negara.

Dengan membawa tiga mobil niaga listrik ke Indonesia, Foton menunjukkan komitmennya untuk berpartisipasi dalam transisi energi dan menghadirkan solusi transportasi yang ramah lingkungan, efisien, dan ekonomis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini