Cat mobil merupakan salah satu bagian yang menentukan penampilan dan nilai jual sebuah kendaraan. Cat yang kinclong dan bersih tentu membuat mobil terlihat lebih menarik dan terawat. Namun, cat mobil juga rentan terhadap berbagai faktor yang dapat merusaknya, seperti sinar matahari, air hujan, debu, kotoran, dan lain-lain. Oleh karena itu, perlu adanya perawatan yang tepat agar cat mobil tetap kinclong dan tahan lama.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat cat mobil Anda:

  • Hindari parkir di bawah terik matahari langsung. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang mampu merusak lapisan coating dalam jangka waktu lama. Jika memang harus parkir di terik sinar matahari, sebaiknya gunakan wax untuk melindungi cat mobil dari sengatan UV. Wax melapisi cat agar sinar UV tidak langsung bersentuhan dengan coating cat, sehingga cat mobil tidak lekas kusam.
  • Lekas bilas setelah terkena air hujan. Air hujan dapat membuat cat lebih cepat kusam, sebab terdapat kotoran dan jamur yang menempel. Selain itu, air hujan juga dikhawatirkan mengandung senyawa asam yang mampu bereaksi pada permukaan cat dalam jangka waktu lama. Jadi disarankan secepat mungkin permukaan mobil dicuci hingga bersih setelah tersiram air hujan.
  • Perhatikan poin penting ketika mencuci mobil. Mencuci mobil sebaiknya dengan cara yang benar. Pada saat mencuci mobil, sebaiknya lakukan dengan gerakan searah. Umumnya pemilik mobil memiliki kebiasaan mencuci mobil dengan gerakan memutar, hal ini dapat menimbulkan squirl atau goresan yang mirip sarang laba-laba. Terakhir hindari mencuci mobil di bawah terik matahari langsung, serta sebelum mencuci mobil pastikan suhu mobil dalam keadaan normal.
  • Gunakan lap jenis microfiber. Ada baiknya hindari lap chamois atau lap jenis karet saat membersihkan kotoran pada bodi kendaraan. Lap model tersebut tidak didesain untuk menyapu kotoran dan dikhawatirkan dapat menimbulkan baret halus. Gunakan lap microfiber karena memiliki daya serap tinggi ketimbang lap chamois untuk mengeringkan permukaan bodi mobil setelah selesai dicuci.
  • Lakukan maintenance berkala (poles dan autodetailing). Langkah terakhir untuk menjaga kilau cat, sebaiknya dilakukan mainatenance perawatan secara berkala. Hal ini untuk memberikan proteksi terhadap cat kendaraan Anda. Selain itu, perawatan secara berkala untuk menjamin tampilan mobil Anda lebih terjaga. Salah satu perawatan yang dapat Anda lakukan adalah nano ceramic coating, yang dapat melindungi cat mobil dari goresan, noda, dan kusam. Setelah melakukan nano ceramic coating, Anda dapat merawat cat mobil dengan cara yang sederhana, yaitu menyemprotkan air bersih ke seluruh bodi mobil agar kotoran yang agak kasar seperti debu, tanah, dan kerikil halus tersingkir dan terbilas. Kemudian untuk hasil maksimal, gunakanlah shampo mobil yang mempunyai pH yang seimbang. Yang terpenting, jangan pernah mencuci bodi mobil menggunakan sabun cuci piring, deterjen, atau sabun dengan pH tinggi. Alasannya, karena dapat merusak dan mengikis lapisan cat bodi. Langkah berikutnya setelah proses mencuci dan pengeringan secara sempurna, untuk menjaga kilau dan performa cat kendaraan, gunakan cairan wax. Cara aplikasinya cukup mudah, semprot ke permukaan bodi dan tunggu sekitar dua detik dan bersihkan secara menyeluruh menggunakan kain microfiber.

Demikianlah beberapa tips merawat cat mobil agar tetap kinclong dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini