Dalam perawatan kendaraan, khususnya bagi mobil yang masih menggunakan aki konvensional atau aki basah, penambahan air aki merupakan langkah penting untuk menjaga performa aki. Baru-baru ini, muncul sebuah aturan tidak tertulis yang menyarankan penggunaan botol berwarna biru saat menambahkan air aki. Lantas, apa alasan di balik penggunaan botol berwarna biru ini?

Air aki yang digunakan untuk aki basah sejatinya adalah air murni yang telah melalui proses demineralisasi, sering kali dikemas dalam botol berwarna biru. Air murni ini tidak mengandung mineral yang dapat merusak komponen aki. Sementara itu, air aki yang dikemas dalam botol berwarna merah mengandung asam sulfat dan digunakan untuk pengisian aki saat pertama kali atau ketika aki kehilangan cairannya sepenuhnya.

Penggunaan botol berwarna biru bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi jenis air aki yang tepat untuk penambahan rutin. Ini menghindari kesalahan penambahan air aki yang mengandung asam sulfat, yang jika dilakukan berulang kali dapat meningkatkan berat jenis aki dan pada akhirnya merusak aki itu sendiri.

Dengan demikian, untuk perawatan berkala, disarankan untuk selalu menggunakan air aki yang dikemas dalam botol berwarna biru. Hal ini akan memastikan bahwa aki Anda mendapatkan perawatan yang tepat dan berumur panjang. Kebiasaan ini telah menjadi praktik umum di kalangan pemilik kendaraan untuk menjaga kesehatan aki mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini