Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Oli Motor?
Mengganti oli motor merupakan salah satu cara penting dalam merawat kendaraan Anda. Oli berperan sebagai pelumas, pendingin, serta pembersih mesin dan harus diganti secara berkala untuk menjaga kinerja motor tetap optimal.

Berdasarkan Kilometer
Menurut Agung Prabowo, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants, pabrikan motor biasanya menyarankan untuk mengganti oli setiap 2.000-3.000 km atau 2-3 bulan sekali, tergantung pada kondisi mana yang lebih dulu tercapai.

Berdasarkan Penggunaan
Pemakaian sepeda motor juga menjadi faktor yang mesti diperhatikan dalam mengganti oli. Jika motor sering digunakan, seperti di kondisi lalu lintas Jakarta yang kebanyakan stop and go, disarankan untuk mengganti oli tiap bulan.

Untuk Motor Matic
Motor matic memerlukan perhatian khusus karena selain oli mesin, mereka juga menggunakan oli gardan atau oli transmisi matic yang harus diganti tiap 12.000 km atau 12 bulan sekali untuk penggunaan normal.

Kesimpulan
Ganti oli motor Anda berdasarkan jarak tempuh atau penggunaan yang intensif untuk menjaga mesin tetap sehat dan kendaraan awet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini