Mudik menggunakan bus merupakan salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat liburan Lebaran. Namun, penting bagi para pemudik untuk memastikan bahwa bus yang akan digunakan dalam kondisi laik jalan untuk menjamin keamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menyarankan agar masyarakat melakukan pengecekan kelaikan jalan angkutan bus melalui aplikasi MitraDarat. Aplikasi ini menyediakan fitur ‘Cek Laik’ yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan nomor kendaraan dan mendapatkan informasi mengenai status kelaikan jalan bus tersebut.

Pengecekan ini sangat penting dilakukan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan selama perjalanan. Selain itu, Ditjen Perhubungan Darat juga melakukan rampcheck angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), angkutan Lintas Batas Negara, dan angkutan Pariwisata untuk memastikan keselamatan transportasi selama momen libur Lebaran.

Bagi Anda yang berencana mudik menggunakan bus, pastikan untuk memeriksa kelaikan jalan bus melalui aplikasi MitraDarat. Dengan demikian, Anda dapat menikmati perjalanan mudik yang aman dan nyaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini