Pada Senin pagi, 8 April 2024, sebuah kecelakaan maut terjadi di KM 58+600 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) yang mengakibatkan 13 orang tewas. Kecelakaan ini terjadi di jalur contraflow, sebuah rekayasa lalu lintas yang memungkinkan kendaraan melintas di lajur lawan arah untuk mengurangi kepadatan.

Dilaporkan bahwa kecelakaan tersebut melibatkan tiga kendaraan, yaitu Daihatsu Gran Max, Daihatsu Terios, dan bus PO Primajasa. Menurut saksi mata, Gran Max yang berada di contraflow tiba-tiba oleng dan menabrak bus yang sedang berjalan ke arah Jakarta. Terios yang berada di belakangnya berusaha menghindar namun akhirnya juga terlibat dan kedua mobil tersebut terbakar.

Insiden ini menutup lajur contraflow dari KM 48 hingga KM 70 untuk sementara waktu, namun telah dibuka kembali setelah penanganan kecelakaan. PT Jasa Marga mengimbau pengendara untuk berhati-hati saat melintas di contraflow dan memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik.

Kecelakaan ini menjadi pengingat akan bahaya melintas di contraflow, terutama di jalan tol dimana kecepatan kendaraan lebih tinggi. Para ahli keselamatan berkendara menyarankan agar pengemudi harus dalam kondisi bugar dan fokus saat melintas di jalur ini dan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini