Toyota Supra MK4, yang juga dikenal sebagai A80, adalah bintangnya mobil sport dari Toyota. Meskipun usianya sudah menginjak tiga dekade, model ini masih banyak diburu oleh penggemarnya. Apa yang membuat Supra MK4 lebih populer dibanding generasi lainnya? Mari kita intip spesifikasi dan harga bekasnya di pasaran.

Spesifikasi Unggul Toyota Supra MK4

Kesuksesan Supra generasi ke-4 tak bisa dipungkiri berkat mesin andal dan bodi aerodinamisnya. Konsep "Less is more" diwujudkan dengan upaya pengurangan beban mobil. Material ringan seperti aluminium digunakan pada bumper, atap, dan hood. Hasilnya, fungsi aerodinamisnya lebih baik dan bobot bodi Supra MK4 turun hingga 100 kg dibandingkan generasi sebelumnya.

Toyota menawarkan dua pilihan bodi untuk Supra Gen 4: coupe dan sport. Desainnya terinspirasi dari Toyota 2000GT di akhir 1960-an, dengan kap mesin memanjang dan bagian belakangnya fastback. Jajaran mesin yang disematkan juga tak asal. Toyota memilih mesin all-new 2JZ 6-inline yang memproduksi 220hp untuk transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Varian turbonya menggunakan 2 Turbo sekuensial yang menghasilkan tenaga 320 hp dan 315 lb-ft torsi. Dengan mesinnya itu, Toyota Supra MK4 dapat mencapai 100kpj hanya dalam waktu 4,6 detik. Jarak seperempat mil bisa diraih dalam 13,5 detik saja pada kecepatan 170kpj.

Harga Toyota Supra MK4 Bekas

Supra Gen 4 dihentikan produksinya pada 2002, sehingga kondisi baru mobil ini tidak ditemukan lagi di pasaran. Meski begitu, kondisi second mobil ini tidaklah dilepas dengan harga murah. Harga Toyota Supra MK4 bekas bervariasi tergantung kondisi mobil juga tahun produksi. Mobil ini dibanderol rata-rata seharga 91.635 USD atau setara Rp 1,4 miliar (dengan kurs Rp 16.243) di tahun 2024. Sebagai perbandingan, generasi terbarunya yakni Toyota Supra Gen 5 atau juga dikenal GR Supra dirilis pada 2019.

Jadi, meskipun telah hadir generasi terbaru, Toyota Supra MK4 tetap menjadi legenda yang ternama. Simak video "Pria India Ciptakan Helikopter dari Mobil …" untuk lebih mengenal kehebatan mobil ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini