Ada anggapan bahwa membersihkan CVT motor matic menggunakan bensin memiliki kekurangan, namun benarkah demikian? Bensin, yang termasuk dalam cairan solvent, dinilai dapat merusak beberapa komponen yang ada di CVT motor matic. Namun, sebenarnya ada metode lain yang sudah lumrah dilakukan di bengkel untuk membersihkan CVT motor matic.

Ali Ramdhani, seorang mekanik dari gerai Planet Ban Angke Tambora, memberikan penjelasan mengenai metode bersihkan CVT motor matic. Ia mengungkapkan, "Sebenarnya bensin itu lama-lama bisa merusak komponen yang berbahan karet." Salah satu komponen CVT matic yang sebagian besar terbuat dari karet adalah sil kruk as. Ali menjelaskan, "Yang paling sering cepat getasnya itu sil kruk as. Nanti kalau sudah getas, membuat oli mesin jadi rembes dan masuk ke area CVT."

Untuk menghindari kerusakan tersebut, sebenarnya Anda bisa mengganti bensin dengan sabun atau cairan khusus pembersih area CVT motor matic. Dengan demikian, Anda dapat membersihkan CVT tanpa merusak komponen karet yang sensitif.

Jadi, jika Anda ingin menjaga kinerja CVT motor matic, pertimbangkan penggunaan alternatif selain bensin untuk membersihkannya[1]. Ingatlah untuk selalu merawat kendaraan Anda dengan hati-hati dan mengikuti panduan dari mekanik yang berpengalaman.

[1]: Bersihkan CVT Motor Matic Pakai Bensin Banyak Kurangnya, Ini Kata Mekanik, GridOto.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini