GridOto.comAngga RadityaSelasa, 30 April 2024 | 17:00 WIB

Apakah Anda pernah mengalami kondisi tapak ban mobil yang aus hanya di salah satu sisi? Jangan terburu-buru untuk mengganti ban, karena ada trik sederhana yang bisa menghemat pengeluaran: rotasi ban.

Mengapa Rotasi Ban Penting?

Ketika ban mobil digunakan, permukaan tapak ban cenderung aus lebih cepat pada sisi dalam atau sisi luar. Hal ini dapat menyebabkan ketidakmerataan aus pada ban. Untuk mengatasi masalah ini, rotasi ban dilakukan, termasuk pada ban cadangan.

Bagaimana Cara Melakukan Rotasi Ban?

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk melakukan rotasi ban:

  1. Menukar Posisi Ban: Pada mobil dengan penggerak roda depan, ban depan akan lebih cepat aus dibandingkan ban belakang. Oleh karena itu, kita perlu menukar posisi ban secara silang. Ban depan kanan dipindahkan ke posisi belakang kiri, dan sebaliknya. Ban belakang dipindahkan ke bagian depan karena tapak ban cenderung lebih tebal di bagian belakang.

  2. Interval Rotasi: Disarankan untuk melakukan rotasi setiap jarak tempuh 10.000 kilometer. Namun, jika mobil sering dipacu dengan kecepatan tinggi, interval rotasi ban diperpendek menjadi tiap 5.000 kilometer.

  3. Pilih Ban Terbaik: Saat merotasi posisi ban, pasang ban dengan kondisi paling bagus sesuai dengan jenis model penggerak mobil.

Dengan melakukan rotasi ban secara teratur, kita dapat memastikan tapak ban mobil habis merata dan menghemat pengeluaran untuk membeli ban baru. Ingatlah untuk selalu memeriksa kondisi ban secara berkala agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman! 🚗💨

Begini Cara Benar Melakukan Rotasi Ban Mobil – Kompas.com


Gambar: GridOto.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini