SUKOHARJO, KOMPAS.com – Beredar berita di media sosial bahwa sabuk baja continuously variable transmission (CVT) pada mobil rontok. Kondisi tersebut membuat sebagian orang bertanya-tanya soal kualitas dari transmisi CVT. Terlepas dari perawatan yang tidak baik dan pengoperasian tidak tepat, faktanya, ada tahapan kerusakan CVT bisa sampai membuat sabuk bajanya rontok menjadi semacam serpihan logam. Namun, sebenarnya, itu bukan serpihan logam karena beban yang terlalu berat sehingga baja bisa rontok, melainkan konstruksi sabuk baja pada CVT memang demikian desainnya.

Namun, bagaimana dengan transmisi IVT? Apakah sabuk bajanya juga rentan rontok seperti pada CVT? Mari kita bahas perbedaannya.

Perbedaan Antara IVT dan CVT

Arif Nugroho, Service Advisor Hyundai Solo Baru, menjelaskan bahwa ada perbedaan antara IVT (Intelligent Variable Transmission) dengan CVT pada umumnya, terutama pada desain sabuk bajanya. Sabuk baja yang disematkan pada IVT merupakan rangkaian logam yang saling berkaitan menyerupai rantai, berbeda dengan sabuk baja pada CVT biasanya yang beredar di media sosial dan seringkali rontok.

Paling parah, jika IVT mengalami kerusakan, sabuk bajanya hanya akan putus, tetapi tidak akan rontok. Berbeda dengan CVT, yang biasanya sekali sabuk putus, maka yang terjadi adalah rontok seperti yang sering kita lihat dalam video yang beredar. Meskipun sabuk baja IVT lebih kokoh, perawatan tetap diperlukan. Gantilah oli IVT secara teratur sesuai anjuran, yaitu setiap 2 tahun atau 40.000 km, sebagai langkah antisipasi terjadinya kerusakan lebih dini.

Performa IVT

Selain perbedaan desain sabuk baja, IVT dan CVT pada umumnya juga memiliki perbedaan performa. IVT memiliki keunggulan dalam mengatur tingkat getaran saat percepatan, efisiensi, dan akselerasi. Meskipun prinsip kerjanya masih sama dengan CVT, IVT tidak akan sampai rontok ketika mengalami kerusakan.

Jadi, bagi pemilik mobil dengan transmisi IVT, perawatan tetaplah penting untuk memastikan performa yang optimal dan menghindari kerusakan yang lebih serius. Semoga informasi ini membantu Anda memahami perbedaan antara sabuk baja pada transmisi IVT dan CVT! 🚗💨 .

Fenomena Sabuk Baja CVT Rontok, Bagaimana dengan IVT? – Kompas.com
Berita Harian Fenomena Cvt Rontok Terbaru Hari Ini – Kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini