Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia akan mulai beroperasi pada bulan depan. Hal ini menjadi pertanda positif bagi ekosistem kendaraan ramah lingkungan di dalam negeri.

Pabrik Baterai di Indonesia

Pabrik baterai yang dimaksud berlokasi di Karawang, Jawa Barat, dan merupakan fasilitas milik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power. Pabrik ini akan menjadi yang pertama di Indonesia dan memiliki kapasitas maksimal hingga 10 Giga Watt Hour. Diperkirakan pabrik ini akan menghasilkan sekitar 32,6 juta unit sel baterai.

Perkembangan Industri Kendaraan Listrik

Selain pabrik baterai, Jokowi juga mengungkapkan perkembangan industri kendaraan listrik di Tanah Air. Saat ini, sudah ada 59 pabrikan sepeda motor listrik dan lima produsen mobil listrik yang memproduksi kendaraannya di dalam negeri. Jumlah ini terus bertambah dari waktu ke waktu, menandakan komitmen Indonesia dalam mengembangkan ekosistem kendaraan ramah lingkungan.

Dengan fasilitas yang ada saat ini, Indonesia seharusnya mampu memproduksi hingga 1,6 juta unit motor listrik setiap tahun. Namun, saat ini baru sekitar 100 ribu unit yang terpenuhi. Meskipun demikian, potensi besar masih ada dan perlu terus dijaga agar ekosistem kendaraan listrik semakin berkembang di Indonesia.

Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan gambaran tentang perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia. Mari kita dukung upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan melalui penggunaan kendaraan ramah lingkungan! 🌿🚗

Jokowi Pastikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Beroperasi Bulan Depan
Jokowi Sebut Pabrik Baterai di Indonesia Akan Beroperasi Juni 2024
Jokowi: Pabrik Baterai Listrik Mulai Produksi di RI Bulan Depan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini