Saat ini, minat untuk mengubah sepeda motor Honda BeAT menjadi motor listrik semakin meningkat. Beberapa bengkel konversi telah menawarkan layanan ini, termasuk Bintang Racing Team (BRT) dan Nagara. Bagi Anda yang tertarik, berikut adalah informasi terkini mengenai biaya dan proses konversi.

Jenis Motor Listrik untuk Honda BeAT

Bengkel konversi Nagara menawarkan dua jenis motor listrik untuk Honda BeAT:

  1. Motor Listrik Roda Belakang (Hub Drive): Motor ini langsung terpasang pada roda belakang. Anda tidak perlu mengganti gearbox karena sistemnya menghubungkan langsung ke roda belakang.
  2. Motor Listrik Side Drive: Model ini masih menggunakan gearbox seperti motor matic pada umumnya. Area CVT diubah menjadi arm bikinan yang berisi controller dan motor listrik.

Biaya Konversi

Biaya mengubah Honda BeAT menjadi motor listrik bervariasi tergantung pada tahun dan kondisi motor. Sebagai contoh, Honda BeAT FI tahun 2014 yang sudah dikonversi menjadi motor listrik memerlukan biaya sekitar Rp 40 juta. Dengan biaya tersebut, Anda akan mendapatkan motor listrik dengan jarak tempuh hingga 150 km dan performa setara motor 250 cc .

Subsidi dan Harga Lebih Terjangkau

Perusahaan Blue Wings dari Korea Selatan berencana membangun pabrik di Indonesia, yang diharapkan dapat menekan harga konversi. Saat ini, harga konversi Honda BeAT menjadi motor listrik sekitar Rp 15 juta. Pemerintah juga sedang mempertimbangkan memberikan subsidi untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Jadi, bagi Anda yang ingin berkontribusi pada lingkungan dengan menggunakan motor listrik, persiapkan dana dan cari bengkel konversi terpercaya untuk mengubah Honda BeAT Anda! 🛵💨

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini