Sejak kemarin, publik dihebohkan oleh video amatir yang menunjukkan sebuah mobil blind van putih yang kabur setelah menabrak seorang pemotor wanita di Tebat Monok, Kapahiang, Bengkulu. Bagaimana identitas kendaraan yang tengah menjadi bulan-bulanan warganet tersebut?

Tayangan singkat yang menunjukkan kejadian viral itu dibagikan oleh akun Instagram @memomedsos. Awalnya, motor yang ditumpangi pengendara dan penumpang wanita itu melaju pelan di jalur semestinya. Namun, ketika hendak berbelok, blind van putih tersebut melaju kencang dari arah kanan dan menghantam korban hingga terpelanting. Parahnya, pengemudi mobil tak berhenti atau turun dari kendaraan. Dia justru melanjutkan perjalanan seakan-akan tak terjadi apa-apa.

Mobil blind van putih tersebut menggunakan nomor polisi (nopol) BG 8625 IX. Setelah kami telusuri di laman resmi Samsat setempat, kendaraan ini ternyata merupakan Wuling Formo 1.2 BV varian manual lansiran 2018. STNK Wuling Formo Blind Van yang kabur usai menabrak pemotor wanita masih aktif hingga Juli mendatang. Besaran pajaknya mencapai Rp 9,77 juta per tahun dengan rincian: BBN-KB Rp 750 ribu, PKB Rp 8,05 juta, dan SWDKLJJ sebesar Rp 972 ribu.

Formo Blind Van merupakan salah satu mobil paling murah yang dijual oleh Wuling di Indonesia. Kendaraan ini hanya dibanderol sekitar Rp 152 jutaan dengan status on the road di Jakarta. Formo Blind Van memiliki mesin DOHC 1.206 cc bersilinder empat dengan tenaga 77,5 PS dan torsi 110 Nm.

Catatan dari pakar keselamatan berkendara, Sony Susmana, menyatakan bahwa ketika pengemudi melakukan kesalahan hingga merugikan orang lain, seharusnya dia berhenti dan melihat kondisi korban. Bukan malah kabur meninggalkan lokasi. Rekaman kecelakaan seperti ini penting bagi pihak polisi dalam menginvestigasi dan melakukan evaluasi terhadap lalu lintas agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari.

Semoga informasi ini membantu dan memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai kejadian tersebut. Mari kita semua selalu mengutamakan keselamatan dan bertanggung jawab dalam berkendara. 🚗🛑

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini