Penjualan kendaraan komersial di Indonesia mengalami penurunan tajam selama Januari hingga Februari 2024, dengan dugaan bahwa perlambatan permintaan ini disebabkan oleh pengusaha yang menunggu hasil pemilihan umum. Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penurunan wholesales (pabrik ke dealer) sebesar lebih dari 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, dengan pengumuman kemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada harapan baru bagi pasar kendaraan komersial. Attias Asril, Division Head Of Business Strategy Division Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), menyatakan bahwa dengan diterimanya hasil pemilu oleh pasar dan diikuti dengan pertumbuhan ekonomi, diharapkan pasar kendaraan komersial akan kembali bergairah.

Isuzu sendiri telah mencapai pencapaian positif selama tahun 2023 dengan pangsa pasar yang mencapai 27,7 persen. Untuk tahun ini, PT IAMI menargetkan penjualan lebih dari 30 ribu unit kendaraan niaga dan meningkatkan pertumbuhan bisnis sparepart hingga 11,3 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini