Liburan di Musim Penghujan Menggunakan Mobil, Perhatikan Hal-hal Kecil yang Cukup Penting...

Liburan di Musim Penghujan Menggunakan Mobil, Perhatikan Hal-hal Kecil yang Cukup Penting Berikut Ini!

518
0
BERBAGI

Menjelang tutup tahun 2015 yang juga merupakan musim liburan, salah satu opsi yang menyenangkan adalah memiliki rencana bepergian menggunakan mobil. Namun liburan pada musim hujan akan membuat anda butuh perhatian ekstra, persiapan matang dan terutama mengecek “kesehatan” kendaraan agar perjalanan tetap nyaman.

Ada beberapa hal kecil yang cukup penting untuk diperhatikan berkaitan dengan air dan peforma komponen mobil saat menerjang hujan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat liburan naik mobil di musim penghujan :

  1. Rem

Cek kondisinya agar tetap berperforma baik, terutama cek minyak rem dan kampas.

  1. Karet Wiper (pembersih kaca)

Peforma sangat dibutuhkan untuk “menghapus” air yang menerjang kaca. Jika karet sudah getas, kemampuan menyingkirkan air akan jauh berkurang dan pandangan menjadi kabur.

  1. Air Wiper

Saat hujan mulai reda, biasanya banyak bintik-bintik air yang terciprat dari pergerakan kendaraan di depan. Air wiper akan sangat membantu membersihkan. Usahakan membawa cadangan di botol.

  1. Oli Mesin

Lakukan pengecekan kualitas dan kuantitasnya. Jika ragu, bawa ke bengkel terdekat untuk lebih memastikan keamanan berkendara.

  1. Kembang Ban

Pastikan cukup tebal untuk melewati jalan berair. Waspada aquaplanning dan terjadinya selip saat traksi ban berkurang akibat kembang (pattren) tak lagi dalam kondisi baik.

Ganti-ban-mobil

  1. Ban Serep

Lakukan juga pengecekan tekanan ban serep untuk berjaga-jaga agar saat dibutuhkan tak lagi bingung.

Setelah semua pengecekan dilakukan, mobil anda siap untuk dibawa berlibur akhir tahun.

Baca juga : Jangan Remehkan Peran Wiper Saat Musim Penghujan Tiba

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY