JAKARTA – Setelah merayakan Idul Fitri, banyak masyarakat yang bersiap untuk kembali ke kota tempat mereka bekerja. Arus balik Lebaran ini memerlukan perhatian khusus terutama dalam mengatur ritme mengemudi dan istirahat agar tetap seimbang.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), penting bagi pengemudi untuk konsisten dalam beristirahat. Idealnya, setelah mengemudi maksimal tiga jam, pengemudi disarankan untuk beristirahat minimal satu jam dan usahakan untuk tidur selama waktu istirahat tersebut.

Kecelakaan yang terjadi selama arus mudik seringkali disebabkan oleh kelelahan akibat tidak mengatur waktu istirahat dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi pemudik untuk menerapkan teknik mengemudi yang baik dan menentukan waktu istirahat yang cukup untuk menghindari kendala di jalan.

Selain itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen pada ruas jalan yang dioperasikannya selama periode arus balik Lebaran. Diskon ini berlaku pada periode Rabu 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB dan hanya berlaku untuk transaksi dengan menggunakan uang elektronik (E-Toll).

Dengan perencanaan yang baik dan memperhatikan aspek keselamatan, arus balik Lebaran dapat dilalui dengan lancar dan aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini