Mobil hitam berpelat ‘RI 41’ yang ditumpangi Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat mengunjungi rumah dinas Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Senin (26/2/2024) menarik perhatian publik. Mobil tersebut ternyata adalah SUV Mercedes-Benz GLS 450, salah satu model premium dari pabrikan Jerman tersebut. Berapa harga dan apa saja spesifikasi mobil mewah itu?

Mercedes-Benz GLS 450 adalah SUV terbesar dari Mercedes-Benz, yang merupakan penerus dari model GLS 400. Mobil ini meluncur di Indonesia pada pertengahan tahun 2020, dengan membawa sejumlah fitur dan teknologi terkini.

Dari segi mesin, GLS 450 mengandalkan mesin bensin 3.000 cc, 6 silinder segaris, dengan teknologi EQ Boost. Teknologi ini merupakan sistem elektrik 48 Volt yang terintegrasi dengan starter-generator, yang bisa menyumbang torsi 250 Nm dan 16 kW/22 hp sebagai output tambahan. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 270 kW (367 hp) dan torsi 500 Nm. Mesinnya dipasangkan dengan transmisi otomatis 9G-Tronic.

Dari segi fitur, GLS 450 dilengkapi dengan sistem drive assist (bantuan mengemudi), yang bisa mencegah kendaraan melintas melewati garis ke sebelah kanan atau kiri jalur, serta mengerem kendaraan jika ada potensi bahaya tabrakan saat berbelok. Selain itu, mobil ini juga memiliki sistem hiburan MBUX (Mercedes-Benz User Experience), yang bisa menjalankan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Mobil ini juga memiliki ambient light yang bisa diatur warnanya melalui panel layar sentuh di dasbor.

Dari segi interior, GLS 450 memiliki bagian dalam yang elegan dengan corak kursi kecoklatan. Mobil ini juga memiliki kapasitas 7 penumpang, dengan kursi baris ketiga yang bisa dilipat secara elektrik. Mobil ini juga memiliki sunroof panoramik yang bisa memberikan pemandangan langit yang luas.

Dari segi harga, GLS 450 dibanderol sekitar Rp 2,73 miliar (off the road) di Indonesia. Harga ini tentu saja tidak termasuk biaya pajak, asuransi, dan lain-lain. Mobil ini juga memiliki saingan berat dari merek-merek lain, seperti BMW X7, Audi Q7, dan Lexus LX.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini