Turki baru saja meluncurkan jet tempur generasi kelima buatan sendiri, yang diberi nama Kaan. Jet tempur ini merupakan hasil kerjasama antara Turkish Aerospace Industries dengan BAE Systems Inggris, serta General Electric (GE) yang menyediakan mesinnya. Kaan diklaim memiliki kemampuan siluman, kecepatan tinggi, dan radar canggih yang bisa menyaingi jet tempur F-35 yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

Spesifikasi Kaan

Kaan adalah jet tempur berkursi tunggal dan ganda yang memiliki panjang 21 meter, lebar sayap 14 meter, dan tinggi 6 meter. Berat lepas landas maksimum pesawat sekitar 27.215 kg. Pesawat ini bisa menempuh jarak lebih dari 2.000 km.

Kaan ditenagai oleh dua unit mesin turbofan General Electric F110-GE-129 dengan daya dorong 76,31 kN (kering) dan 131 kN (dengan afterburner). Mesin ini membuat jet tempur ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 1,8 mach atau sekitar 2.222 km per jam. Kaan juga bisa mencapai ketinggian maksimal 17.000 meter.

Salah satu fitur paling canggih di Kaan adalah avioniknya, yaitu sistem elektronik yang mengendalikan pesawat. Kaan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Advanced Navigation Features (ICNI), Integrated Electro-Optical Systems (IEOS) Infrared Search and Track (IRST), Electro-Optical Targeting System (EOTS), dan Advanced Cockpit, Human Machine Interface.

Kaan juga bakal mendapatkan teknologi radar AESA (Active Electronically Scanned Array) yang bisa mendeteksi, melacak, dan mengendalikan target udara, darat, dan laut. Radar ini juga bisa mengurangi kemungkinan terdeteksi oleh radar musuh. Radar AESA adalah teknologi yang hanya dimiliki oleh beberapa negara, seperti AS, Inggris, Prancis, Swedia, dan Israel.

Fitur lain yang penting di Kaan adalah fitur siluman. Bodi pesawat ini dirancang supaya bisa menyerap gelombang radar pesawat musuh. Selain itu, bodi pesawat juga dibekali lapisan khusus yang membuatnya tidak terlihat dari radar pesawat musuh.

Persenjataan Kaan

Kaan bisa menggendong banyak senjata canggih dan mematikan, baik untuk pertempuran udara ke udara maupun udara ke permukaan. Beberapa contoh senjata yang bisa dibawa oleh Kaan adalah rudal udara ke udara BVR dan BVRAAM, rudal udara ke permukaan Kuzgun, Akbaba, dan MBDA Spear 3.

Latar Belakang Kaan

Kaan dibangun oleh pemerintah Turki yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan, setelah Turki dikeluarkan dari proyek jet tempur F-35 yang dipimpin oleh AS. Hal ini terjadi karena Turki membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia, yang dianggap oleh AS sebagai ancaman bagi keamanan NATO.

Turki mengklaim bahwa jet tempur Kaan bisa menjadi alternatif bagi F-35, yang merupakan jet tempur generasi kelima yang paling canggih saat ini. Turki berharap bisa memproduksi jet tempur Kaan secara massal pada tahun 2029, dan menjualnya ke negara-negara lain yang tertarik.

Sumber

Spesifikasi Jet Tempur Generasi 5 Turki: Kecepatan 1,8 Mach, Pakai Radar AESA
Berita dan Informasi Spesifikasi jet tempur turki Terkini dan Terbaru Hari ini – detikcom
KAAN Baru Saja Launching, Ini Spesifikasi Jet Tempur Generasi Kelima Buatan Turki yang Siap Dobrak Dominasi F-35

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini