Hyundai Motor Indonesia (HMID) menghadirkan mobil listrik Ioniq 5 Batik pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Mobil ini merupakan edisi spesial yang menggabungkan teknologi inovatif dari lini kendaraan listrik Hyundai dengan karakteristik khas dari batik yang mewakili tradisi Indonesia.

Ioniq 5 Batik pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 sebagai salah satu bentuk kontribusi Hyundai dalam peringatan 50 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan. Mobil ini hanya diproduksi secara terbatas dan sudah bisa dipesan secara nasional dengan harga Rp 990,000,000 (OTR Jakarta).

Desain Eksterior dan Interior

Mengenai desain eksterior, Ioniq 5 Batik tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan varian standar. Ioniq 5 Batik masih mempertahankan tampilan futuristis Ioniq 5, yang dipadukan dengan lampu utama berbentuk U. Satu-satunya perbedaan adalah hadirnya pola Batik Kawung yang menghiasi bagian kap mesin, atap, sisi mobil, dan pintu belakang.

Pola Batik Kawung berwarna abu-abu dipilih karena memiliki makna filosofis yang mendalam. Batik Kawung melambangkan kesempurnaan, keharmonisan, dan keseimbangan. Pola ini juga menggambarkan empat unsur alam, yaitu api, air, angin, dan tanah. Selain itu, pola ini juga menunjukkan geometris bundar mirip buah kawung yang merupakan salah satu tanaman asli Indonesia.

Masuk ke bagian interior, Ioniq 5 Batik juga menampilkan perubahan yang menarik. Layout dasbor masih sama dengan model standar, tetapi bagian kabin didominasi oleh warna putih emas, lengkap dengan corak batik kawung di area jok, headrest, dan panel pintu. Selain itu, terdapat juga ornamen metalik berpola Batik Kawung di jok, klakson, dan sandaran lengan.

Untuk menambah estetika interior Ioniq 5 Batik, Hyundai mendesain pola Batik Kawung berwarna coklat muda atau soga di sandaran lengan mobil dengan dua pilihan pola. Warna soga menggambarkan alam, kesederhanaan, dan kemanusiaan, selaras dengan desain Ioniq 5 yang menggunakan material daur ulang dan ramah lingkungan untuk berbagai komponennya.

Spesifikasi dan Performa

Dari sisi spesifikasi dan performa, Ioniq 5 Batik menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 76,2 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 451 km. Baterai ini juga mendukung pengisian daya cepat 350 kW, yang diklaim bisa mengisi baterai dari 10 persen hingga 80 persen dalam waktu 18 menit saja.

Ioniq 5 Batik juga memiliki tenaga yang cukup besar untuk mobil listrik. Mobil ini diklaim bisa menempuh 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,4 detik. Kemudian, kecepatan maksimalnya mencapai 185 km/jam.

Ioniq 5 Batik juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman dan aman. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah head-up display, panoramic sunroof, wireless charging, smart parking assist, blind-spot view monitor, forward collision-avoidance assist, dan lane following assist.

Kesimpulan

Hyundai Ioniq 5 Batik merupakan mobil listrik yang menawarkan desain yang unik dan menarik, dengan menggabungkan teknologi modern dan budaya tradisional. Mobil ini juga memiliki spesifikasi dan performa yang mumpuni, serta fitur-fitur yang canggih. Mobil ini cocok bagi Anda yang mencari mobil listrik yang berbeda dari yang lain, sekaligus mengapresiasi nilai-nilai budaya Indonesia.

Referensi

Mengulas Desain Hyundai Ioniq 5 Batik di IIMS 2024 – Kompas.com
Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 Batik yang Hadir di IIMS 2024 – Kompas.com
3 Mobil Listrik Hyundai Tebar Pesona di IIMS: Kona Electric, Ioniq 5 Batik, dan Ioniq 7 Concept – Medcom.id
Hyundai Jual Ioniq 5 Batik Secara Terbatas di IIMS 2024 – Mobilkomersial.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini