Poros engkol atau crankshaft adalah salah satu komponen terpenting dalam mesin kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Poros engkol berfungsi untuk mengubah gerakan naik turun yang dihasilkan oleh piston menjadi gerakan memutar yang kemudian diteruskan ke transmisi. Poros engkol juga menjadi poros dari setiap gerakan piston dan berhubungan dengan connecting rod, jurnal utama, pena engkol, lubang oli, dan counter weight. Poros engkol harus dibuat dari bahan yang tahan terhadap puntiran dan kebengkokan serta mempunyai sifat luncur yang baik. Bahan yang sering digunakan adalah baja khusus atau besi tuang khusus dengan perlakuan panas atau kimia.

Poros engkol sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin kendaraan. Jika poros engkol mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan gangguan pada sistem perputaran roda kendaraan. Kerusakan poros engkol bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keausan, kebocoran oli, getaran, ketidakseimbangan, atau kecelakaan. Gejala kerusakan poros engkol yang bisa diamati adalah adanya suara berisik, getaran berlebihan, penurunan tenaga, atau bahkan mesin mati.

Untuk mencegah kerusakan poros engkol, maka perlu dilakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan oli mesin selalu dalam kondisi baik dan cukup. Oli mesin berfungsi untuk melumasi poros engkol dan mengurangi gesekan antara komponen-komponen mesin.
  • Periksa kondisi jurnal utama dan pena engkol. Jika ada yang aus atau retak, maka segera ganti dengan yang baru. Jurnal utama dan pena engkol berfungsi untuk menopang poros engkol dan menghubungkan poros engkol dengan connecting rod.
  • Periksa kondisi counter weight. Jika ada yang patah atau lepas, maka segera perbaiki atau ganti dengan yang baru. Counter weight berfungsi untuk menyeimbangkan berat poros engkol dan mengurangi getaran yang timbul akibat gerakan piston.
  • Periksa keseimbangan poros engkol. Jika poros engkol tidak seimbang, maka akan menyebabkan getaran yang berlebihan dan merusak komponen-komponen mesin lainnya. Keseimbangan poros engkol bisa diperiksa dengan menggunakan alat khusus yang disebut balancing machine.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini