Mobil listrik saat ini menjadi tren sebagai alat transportasi masa depan yang lebih murah dan ramah lingkungan. Namun, tahukah Anda kapan dan siapa yang menciptakan mobil listrik pertama di dunia?

Menurut caranddriver, mobil listrik telah muncul sebelum jenis mobil berbahan bakar internal (ICE), dan para penemu tidak pernah berhenti berusaha menjadikannya sebagai alat transportasi yang berguna.

Era awal mobil listrik disebut terjadi pada tahun 1830-an. Saat itu Robert Anderson dari Skotlandia, membuat kendaraan menggunakan kereta yang diberikan baterai dengan sel galvanik yang belum dapat diisi ulang. Temuan Anderson ini dianggap sebagai mobil listrik pertama di dunia.

Namun, kredit sebagai mobil listrik pertama yang diakui di dunia ialah Flocken Elektrowagen, karya Andreas Flocken pada 1888, di Jerman.

Dilansir dari upsbatterycenter, tak banyak yang diketahui dari Andreas Flocken. Kisah hidupnya yang terekam ialah dia lahir pada 1845 di Albersweiler, Jerman, dan pekerjaan pertamanya adalah di pabrik traktor.

Flocken kemudian mendirikan perusahaan sendiri yang memproduksi mesin listrik dan generator. Dia juga tertarik dengan ide mobil listrik dan mulai bereksperimen dengan baterai dan motor.

Pada tahun 1888, dia berhasil menciptakan Flocken Elektrowagen, sebuah kendaraan roda empat yang ditenagai oleh motor listrik 0,7 kW yang terhubung dengan baterai timbal-asam. Mobil ini memiliki kecepatan maksimal 15 km/jam dan jarak tempuh 50 km.

Flocken Elektrowagen memiliki bentuk yang mirip dengan kereta kuda, dengan kursi yang dapat menampung dua orang. Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu depan, klakson, dan rem tangan.

Sayangnya, mobil listrik ciptaan Flocken tidak mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Banyak yang menganggap mobil ini sebagai mainan atau bahkan alat setan. Flocken pun tidak bisa bersaing dengan mobil bensin yang mulai bermunculan.

Flocken Elektrowagen akhirnya hilang dari peredaran dan tidak ada yang tahu keberadaannya sekarang. Namun, mobil ini tetap menjadi bagian penting dari sejarah otomotif listrik, sebagai mobil listrik pertama yang diakui di dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini