Kendaraan listrik, baik motor maupun mobil, semakin diminati oleh masyarakat Indonesia karena dianggap lebih ramah lingkungan, hemat biaya, dan praktis. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan listrik, ada hal penting yang harus dipersiapkan, yaitu daya listrik rumah. Bagaimana cara mengetahui dan menyesuaikan daya listrik rumah yang ideal untuk mengisi baterai kendaraan listrik?

Menurut Megantara Vilanda, Manager Business Retail PT PLN (Persero), daya listrik rumah yang dibutuhkan untuk pengisian daya kendaraan listrik berbeda-beda tergantung jenis dan spesifikasi kendaraan. Untuk motor listrik, daya yang dianjurkan adalah sekitar 900 Volt Ampere (VA), artinya daya listrik rumah standar yang kisarannya 1.100 VA sudah sangat cukup. Sedangkan untuk mobil listrik, daya yang dibutuhkan ada di angka 3.500 VA untuk pengisian daya normal, dan 7.000 VA untuk fast charging.

Jika daya listrik rumah kurang dari angka-angka tersebut, maka konsumen harus melakukan penambahan daya listrik rumah atau penyambungan baru (PB) dengan menghubungi PLN. PLN sendiri memberikan promo Super Everyday bagi pelanggan yang ingin menambah daya listrik rumah untuk pengisian daya kendaraan listrik, dengan harga spesial dan diskon tarif tenaga listrik sebesar 30 persen pada pukul 22.00 WIB – 05.00 WIB. Promo ini berlaku untuk semua golongan tarif pelanggan PLN, yaitu pelanggan tegangan rendah (TR) 1 Fasa sampai dengan daya 7.700 VA dan Pelanggan TR 3 Fasa sampai dengan daya 13.200 VA.

Selain itu, PLN juga memberikan layanan pemasangan home charging gratis bagi setiap pembeli kendaraan listrik, baik motor maupun mobil. Home charging adalah alat pengisian daya kendaraan listrik di rumah yang disediakan oleh PLN. Dengan home charging, konsumen dapat mengisi baterai kendaraan listrik di rumah dengan mudah dan nyaman, tanpa perlu mengunjungi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Home charging juga lebih efisien karena dapat dilakukan pada malam hari, ketika penggunaan listrik rumah lebih rendah.

Dengan mengetahui dan menyesuaikan daya listrik rumah yang ideal untuk kendaraan listrik, konsumen dapat menikmati manfaat dari kendaraan listrik tanpa khawatir mengalami masalah dalam pengisian daya. Kendaraan listrik tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga bagi kesejahteraan masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini