Sabuk pengaman atau seat belt adalah fitur keselamatan yang wajib ada di setiap mobil. Fungsi utama sabuk pengaman adalah untuk menahan badan agar tidak terlempar keluar saat terjadi kecelakaan. Namun, tahukah anda bahwa sabuk pengaman juga memiliki fungsi lain yang mungkin jarang diketahui? Ya, sabuk pengaman ternyata juga bisa berguna saat mobil mogok dan harus didorong.

Hal ini ditunjukkan oleh sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @tonggeshuoche. Dalam video tersebut, seorang pria menarik sabuk pengaman sampai mentok, lalu mengaitkannya ke badannya. Dengan cara ini, ia bisa mendorong mobil yang mogok dengan lebih mudah dan nyaman. Sabuk pengaman yang dikaitkan ke badan menjadi tumpuan saat mendorong mobil, sehingga tidak hanya mengandalkan tangan saja.

Metode ini mungkin terlihat kreatif dan praktis, tapi sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan sembarangan. Jusri Puluhbuhu, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan bahwa metode ini hanya bisa dilakukan pada permukaan jalan yang datar. Jika jalanannya sedikit menurun, maka akan berbahaya karena tidak ada perlambatan yang bisa dilakukan. Selain itu, setiap orang memiliki refleks atau respons yang berbeda ketika harus bergerak cepat melakukan pengereman saat sedang mendorong mobil.

Jusri juga menambahkan bahwa sabuk pengaman memang cukup kuat untuk membantu menarik mobil yang mogok. Sebab, setiap sabuk pengaman sudah dites untuk bisa menahan beban penumpang atau pengendara hingga ratusan kilogram. Namun, ia tidak menyarankan untuk menggunakan metode tersebut, karena ia sendiri belum pernah mencobanya.

Selain sebagai alat bantu saat mobil mogok, sabuk pengaman juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengecek kondisi mobil bekas. Dalam video yang sama, dijelaskan bahwa pada sabuk pengaman biasanya terdapat tanggal dan tahun produksi, yang seharusnya sama dengan tahun produksi yang terdapat pada bodi mobil. Jika tidak sesuai, artinya mobil pernah mengalami kecelakaan parah yang membuat sabuk pengaman harus diganti.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sabuk pengaman memiliki banyak fungsi yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Namun, fungsi utama sabuk pengaman tetap adalah untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengenakan sabuk pengaman saat mengemudi atau menjadi penumpang di mobil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini