Suzuki Jimny 5 pintu merupakan salah satu mobil yang paling ditunggu-tunggu oleh para pecinta otomotif di Indonesia. Mobil ini diluncurkan secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada bulan Februari lalu. Namun, kehadiran mobil legendaris dengan versi terbarunya ini diwarnai oleh markup harga yang dilakukan oleh beberapa tenaga penjual Suzuki.

Dilansir dari detikOto, ada yang menjual Suzuki Jimny 5 pintu di atas harga yang direkomendasikan oleh SIS. Bahkan ada yang terang-terangan membanderol Jimny 5 pintu seharga Rp 530 juta, padahal harga resminya berkisar antara Rp 462 juta hingga Rp 478,6 juta on the road Jakarta. Hal ini tentu saja menimbulkan kekecewaan dan keresahan di kalangan konsumen yang ingin membeli mobil ini.

Menanggapi hal ini, SIS meminta maaf atas insiden harga Jimny 5 pintu yang digoreng. Menurut Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning SIS, pihaknya selalu menampilkan harga resmi Jimny 5 pintu di layar LED di booth Suzuki di IIMS 2024. Ia juga mengatakan bahwa dealer-dealer Suzuki mengikuti harga yang ditetapkan oleh SIS.

Joshi menjelaskan bahwa insiden harga Jimny 5 pintu yang digoreng terjadi karena ketidakseimbangan antara suplai dan permintaan. Mobil ini memang memiliki peminat yang sangat tinggi, namun suplai yang diberikan oleh pabrikan sangat terbatas. Tiap bulan, SIS hanya mendapat jatah 100 unit Jimny 5 pintu untuk pasar Indonesia. Hal ini membuat antrean pembeli menjadi sangat panjang dan memicu aksi spekulasi harga.

Joshi menambahkan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti bila ada temuan penyimpangan harga, khususnya untuk area Jabodetabek. Ia juga berkoordinasi dengan dealer-dealer di seluruh Indonesia untuk menjaga stabilitas harga. Bagi konsumen yang sudah terlanjur membeli Jimny 5 pintu dengan harga lebih tinggi, Joshi menyarankan untuk berkomunikasi dengan dealer atau tenaga penjual terkait untuk melakukan klarifikasi.

Suzuki Jimny 5 pintu merupakan generasi keempat dari mobil off-road yang sudah eksis sejak tahun 1970. Mobil ini memiliki dimensi yang lebih besar dari Jimny 3 pintu, dengan panjang 3.850 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.730 mm. Mobil ini juga memiliki kapasitas bagasi yang lebih luas, yaitu 377 liter. Mobil ini tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis, serta dua pilihan warna bodi, yaitu tunggal dan dua tone.

Suzuki Jimny 5 pintu memiliki mesin berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 102 PS dan torsi maksimal 130 Nm. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti hill hold control, hill descent control, brake LSD traction control, ESP, ABS, EBD, BA, dual airbags, immobilizer, keyless entry, push start button, power window, power steering, electric mirror, dan lain-lain.

Suzuki Jimny 5 pintu merupakan mobil yang cocok bagi mereka yang menyukai petualangan di medan off-road, namun juga nyaman digunakan di perkotaan. Mobil ini menawarkan performa yang tangguh, desain yang ikonik, dan fitur yang lengkap. Namun, konsumen harus berhati-hati dalam membeli mobil ini, agar tidak tertipu oleh harga yang digoreng oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. (Sumber: , , , )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini