Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membeli sepeda motor listrik baru untuk petugas patroli dan pengawalan (Patwal) dari Dinas Perhubungan (Dishub). Sepeda motor listrik yang akan dibeli adalah Harley-Davidson LiveWire, sebuah moge listrik yang memiliki tenaga dan torsi yang besar.

Harley-Davidson LiveWire adalah produk dari LiveWire, sebuah divisi motor listrik dari Harley-Davidson yang kini berdiri sebagai brand mandiri. LiveWire One, model moge listrik yang akan dibeli oleh Dishub DKI Jakarta, memiliki spesifikasi yang mirip dengan produk Harley-Davidson yang bermesin bakar. LiveWire One dibekali motor listrik yang punya tenaga maksimal sampai 100 hp dan torsi 114 Nm. Sebagai sumber tenaga, motor listrik One menggendong baterai berkapasitas 15,4 kWh dengan klaim jangkauan bisa sampai 235 km.

Anggaran yang disiapkan untuk belanja kendaraan baru untuk mengawal pejabat kelas VVIP itu sebesar Rp 6.354.750.000. Artinya, untuk 1 unit moge listrik tersebut harganya Rp 1,26 miliar. Pengadaan kendaraan ini tertera di situs resmi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dengan nama Pengadaan Kendaraan Dinas Operasional Lapangan Khusus Sepeda Motor Listrik Pengawalan Pimpinan VVIP.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, pengadaan moge listrik ini baru akan dieksekusi tahun 2024 mendatang. Moge listrik ini dipersiapkan untuk kegiatan patroli dan pengawalan oleh petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta. "Sementara untuk motor besar atau moge itu rencana tahun depan baru akan diadakan. Jadi ini untuk patroli dan pengawalan, motor Patwal listrik," ujar Syafrin di kawasan Monas, beberapa waktu yang lalu.

Pada September 2023, salah satu model moge listrik dengan livery Dishub DKI Jakarta sempat dipajang di Silang Monas, Jakarta Pusat. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, juga sempat menjajal moge listrik tersebut. "Ini motor listrik, jadi tidak ada suara, tidak ada getaran, tidak ada pindah gigi. Jadi sangat nyaman dan ramah lingkungan," kata Joko saat itu.

Moge listrik LiveWire masuk ke Indonesia lewat PT Arras Protama Sejahtera yang markasnya di BSD Serpong, Tangerang, Banten. LiveWire One merupakan salah satu produk unggulan dari LiveWire yang menawarkan sensasi berkendara yang berbeda dari moge konvensional. LiveWire One juga memiliki fitur-fitur canggih seperti layar sentuh, konektivitas smartphone, dan sistem pengereman anti-lock.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini