Kawasaki telah mengumumkan recall global untuk beberapa model motor sportnya, termasuk Ninja ZX-25R, karena masalah pada sistem drainase rangka. Recall ini pertama kali diumumkan oleh Kawasaki Jepang pada Januari 2024 dan telah mempengaruhi unit-unit di beberapa negara, termasuk Malaysia.

Di Indonesia, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) masih melakukan penyelidikan terkait dampak recall ini. Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion KMI, menyatakan bahwa unit Ninja ZX-25R yang dijual di Indonesia diproduksi secara domestik dan tidak diekspor ke negara lain. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah unit lokal akan terpengaruh oleh masalah yang sama yang telah menyebabkan recall di negara lain.

Masalah yang diidentifikasi berkaitan dengan posisi lubang drainase pada rangka motor yang tidak tepat, sehingga air dapat tertinggal di dalam rangka setelah berkendara di tengah hujan atau setelah mencuci kendaraan. Jika kondisi ini dibiarkan, ada risiko kerusakan cat akibat karat di sekitar lubang drainase.

Sebagai respons, Kawasaki telah merencanakan untuk menambahkan lubang drainase tambahan dan melakukan perbaikan pada area yang terkelupas catnya. Di Malaysia, proses perbaikan ini dinyatakan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam dan ditanggung sepenuhnya oleh distributor setempat.

Kawasaki belum mengumumkan secara resmi mengenai rencana perbaikan untuk unit-unit di Indonesia. Namun, konsumen diharapkan untuk tetap tenang dan menunggu informasi lebih lanjut dari KMI. Pihak KMI menjamin bahwa setiap langkah yang diambil akan sesuai dengan standar keselamatan dan kepuasan pelanggan.

detikOto
Gooto.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini