Komisi V DPR RI baru-baru ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kesiapan angkutan mudik Lebaran tahun 2024 di beberapa terminal tipe A. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk memastikan bahwa sarana dan prasarana transportasi publik telah siap menghadapi lonjakan penumpang selama musim mudik.

Kesiapan Terminal Baranangsiang

Di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae, menekankan pentingnya kesiapan terminal dalam menghadapi mobilitas penumpang yang tinggi. Menurut survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan penumpang secara nasional selama Lebaran mencapai 193 juta orang, dengan jumlah terbesar berada di Pulau Jawa.

Langkah Antisipasi dan Pencegahan

Marta Hardisarwono, Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), menjelaskan langkah-langkah yang telah diambil untuk mengantisipasi musim mudik. Ini termasuk pendataan jumlah penumpang dan bus, pemeriksaan teknis kendaraan, serta koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk memastikan kesehatan awak bus dan penumpang.

Harapan untuk Terminal Poris Plawad

Sementara itu, di Terminal Poris Plawad, Andi Iwan Darmawan, Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI, berharap terminal dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Beliau juga menghimbau masyarakat untuk menggunakan terminal resmi sebagai titik keberangkatan dan kedatangan selama mudik.

Dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak terkait, diharapkan musim mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar tanpa hambatan signifikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini